Sukses


Mengulik Harga Rumah SBY hingga Prediksi Dampak Kemenangan Trump

Inilah 5 berita terpopuler Rumah.com pada Minggu kedua November 2016. Simak artikelnya.

Liputan6.com, Jakarta Rumah mewah yang diberikan negara kepada mantan Presiden RI ke-6, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), ternyata sangat menarik perhatian masyarakat. Mungkin mengingat lokasinya yang berada di kawasan premium, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain itu, kabar kemenangan Donald Trump sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat nampaknya juga menjadi kejutan yang tak terduga. Apalagi jika mengacu pada survey yang dilakukan Zillow kepada 100 orang ahli properti di Amerika Serikat yang menyiratkan keraguan apabila Donald Trump terpilih. Terutama dalam hal ekspektasi bagi pangsa pasar properti.

Baca juga: Menyoroti 2 Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK dan Sayembara Gerakan Basmi Tikus

Dan berikut adalah 5 berita terpopuler Rumah.com pada Minggu kedua November 2016. Simak artikel lengkapnya:

1. Mau Jadi Tetangga SBY? Ini Kisaran Harganya...

Mengulik sedikit tentang harga tanah pada rumah milik SBY yang berkisar 1.500 – 4.000 meter persegi, Anda bisa tinggal mengalkulasikannya dengan kisaran harga jualnya.

Rumah mewah ini memang sempat menjadi headlines di sejumlah media massa dan bahkan jadi topik perbincangan yang seru di kalangan masyarakat. Namun belum ada yang dapat memastikan detail properti rumah dua lantai tersebut yang dibangun di atas lahan seluas 1.500 ataukah 4.000 meter persegi tersebut.

“Harga tanah di sana sangat signifikan, yakni berkisar Rp40 Juta – Rp50 Juta per meter perseginya. Kondisi tanah di Mega Kuningan saat ini sudah banyak dimiliki oleh perorangan. Sehingga, pembangunan rumah baru di sana pasti dieksekusi oleh pemilik tanah,” ujar Agus, Agen Properti Century 21 Ambassador kepada Rumah.com, Rabu (9/11/2016).

Mengulik sedikit tentang harga tanah pada rumah milik SBY yang berkisar 1.500 – 4.000 meter persegi, Anda bisa tinggal mengalkulasikannya dengan kisaran harga jual yakni berkisar Rp250 miliar – Rp300 miliar. Sekali lagi itu baru harga tanah.

2. Prediksi Kemenangan Trump Bagi Sektor Properti di AS

Berdasarkan survey para ahli mengatakan Trump memiliki dampak negatif terhadap nilai jual rumah, reformasi pembiayaan perumahan dan perekonomian secara menyeluruh.

Seperti yang dirangkum dari housingwire.com, berdasarkan survey yang dilakukan Zillow kepada 100 orang ahli properti di Amerika Serikat menyiratkan bahwa ada keraguan bila Donald Trump terpilih, terutama dalam hal ekspektasi bagi pangsa pasar properti.

Dan berdasarkan survey tersebut para ahli mengatakan Trump memiliki dampak negatif terhadap nilai jual rumah, reformasi pembiayaan perumahan dan perekonomian secara menyeluruh.

Padahal, para ahli properti sempat memprediksi bahwa tahun ini bisa menjadi penentu adanya peluang kenaikan sebanyak 4% tahun-ke-tahun atau naik sesuai ekspektasi sebesar 3,7 persen.

3. Manisnya Sektor Properti di 2017

Sebanyak Rp2.725 Triliun harta dalam negeri sudah dideklarasikan, sehingga pengungkapan harta seluruhnya bernilai Rp3.850.477 Triliun. Ini merupakan jumlah pencapaian yang luar biasa.

Hingga pertengahan Oktober, pajak.go.id melansir ada 415.053 Wajib Pajak (WP) menyampaikan 420.977 Surat Pernyataan Harta (SPH), Rp143 Triliun harta luar negeri yang direpatriasi, dan Rp982 Triliun harta di luar negeri yang dideklarasikan.

Sementara itu sebanyak Rp2.725 Triliun harta dalam negeri sudah dideklarasikan, sehingga pengungkapan harta seluruhnya bernilai Rp3.850.477 Triliun. Tentu, ini merupakan jumlah pencapaian yang luar biasa.

“Kami dari REI berharap dana yang sudah dideklarasi oleh para Wajib Pajak bisa diinvestasikan ke sektor properti,” ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) REI, Eddy Hussy kepada Rumah.com dalam Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera) di Jakarta (11/10).

4. Kumpulan Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah rumah yang tidak terlalu berlebihan soal ruang ataupun ornamen.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada desain rumah minimalis antara lain:

  1. Jenis material fasad
  2. Jenis dan ukuran bukaan, serta letaknya
  3. Langgam fasad yang ingin dimunculkan

Pilihan langgam atau style tentunya akan menentukan jenis material yang dipakai dan ukurannya. Untuk desain rumah minimalis, kesan yang dimunculkan adalah geometris, garis-garis kolom dari beton atau kayu juga mencirikan aksen yang khas akan rumah minimalis ini.

Namun, rumah minimalis adalah rumah yang tidak terlalu berlebihan soal ruang ataupun ornamen. Dan jika Anda hendak membuat rumah dengan desain minimalis, maka artikel ini bisa jadi inspirasi Anda.

5. Cara Mudah Memahami Jenis dan Perhitungan Bunga KPR

Dalam menetapkan bunga KPR, Bank menggunakan bunga tetap (fixed) yang artinya Anda akan membayar besarnya bunga yang sama selama jangka waktu yang diperjanjikan.

Persetujuan KPR diberikan berdasarkan penilaian bank atas kemampuan finansial Anda. Nah, jika Anda hendak membeli rumah secara KPR maka ada baiknya jika Anda memahami dan memperhatikan jenis dan cara perhitungan bunganya karena hal tersebutlah yang akan menentukan besarnya cicilan.

Dalam menetapkan bunga KPR, Bank menggunakan bunga tetap (fixed) yang artinya Anda akan membayar besarnya bunga yang sama selama jangka waktu yang diperjanjikan. Selain itu juga ada bunga mengambang (floating) yang besaran jumlah bunga yang harus Anda bayar dapat berubah-ubah sesuai dengan tingkat bunga yang ditetapkan oleh bank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini