Sukses


Biasakan Keluarga Anda Merapikan Rumah dengan Cara Ini

Supaya Anda dan anggota keluarga lainnya terbiasa merapikan rumah, lakukan saja beberapa langkah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kadang-kadang tugas membersihkan rumah bisa jadi membuat Anda putus asa. Bagaimana tidak? karena tugas ini seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Baru selesai yang satu sudah ditunggu pekerjaan lainnya. Begitu seterusnya.

Supaya Anda dan anggota keluarga lainnya yang tinggal di rumah terbiasa untuk membersihkan kamar tidur, membersihkan dapur, hingga merapikan mainan anak-anak, lakukan saja beberapa langkah yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Jitu Bujuk Anak Rajin Rapikan Kamar

Orang yang memasak bertugas mencuci piring juga

Ini mungkin kebalikan dari apa yang sering Anda dengar karena biasanya orang yang memasak tidak perlu mencuci piring. Namun, mencuci piring setelah selesai memasak memastikan Anda lebih bertanggung jawab dalam membersihkan dapur.

Sementara itu, membiarkan orang lain melakukan tugas mencuci piring hanya membuat Anda kurang termotivasi untuk membersihkan dapur.

Tidak menunggu cucian menumpuk

Meskipun Anda menggunakan mesin cuci, mencuci baju adalah aktivitas yang memakan waktu. Jadi kapanpun Anda melihat keranjang cucian terisi dengan baju kotor, cuci dengan tangan atau masukkan baju kotor tersebut ke dalam mesin cuci saat itu juga.

Lama-kelamaan mencuci baju sedikit demi sedikit menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari kita.

Selalu mengembalikan barang ke tempat semula

Sebelum bekerja, biasanya para wanita kebingungan ingin memakai baju dan aksesori yang mana. Mengaku saja kalau Anda juga terbiasa mencoba dan mengeluarkan banyak baju sebelum menjatuhkan pilihan.

Setelah mencoba pakaian-pakaian dan aksesori, apakah Anda hanya membiarkannya di atas tempat tidur atau mengembalikannya ke lemari dan kotak aksesori?

Sebaiknya jawaban Anda adalah yang kedua karena mengembalikan pakaian dan aksesori ke tempat semula akan membuat kamar tidur kembali rapi dengan lebih mudah.

Merapikan tempat tidur setiap pagi

Walaupun kamar tidur merupakan salah satu bagian dari rumah yang tidak dilihat oleh tamu, luangkan sedikit waktu untuk membuat tempat tidur tetap rapi. Tempat tidur yang dibiarkan berantakan akan membuat Anda merasa lebih sesak.

Sedangkan membereskan tempat tidur, meskipun hanya menata bantal dan selimut, akan membuat perubahan dalam kamar Anda.

Kotak penyimpanan khusus mainan

Membiarkan anak bermain dengan berbagai mainan memang penting karena dapat membantu melatih kreativitasnya. Namun sayangnya, setelah selesai bermain biasanya anak enggan merapikan mainannya.

Supaya hal ini tidak terulang, siapkan kotak penyimpanan khusus mainan di ruangan tempat anak bermain agar anak merasakan kemudahan dalam membereskan barang-barang setelah selesai memainkannya.

Dengan cara ini, tidak hanya Anda yang terbiasa membereskan rumah, anak pun akan belajar mandiri dan disiplin dalam merapikan dan menyimpan mainan.

Foto: Pexels.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.