Sukses


Manfaat Aplikasikan Rak Terbuka di Dapur

Rak model terbuka tidak hanya dapat diaplikasikan di ruang keluarga saja tetapi juga bisa Anda gunakan untuk di dapur. Dan simak manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan barang dengan menggunakan rak terbuka belakangan ini kini tengah menjadi tren. Selain cantik dilihat dari segi artistik, dekorasi seperti ini juga memudahkan saat kita perlu menyimpan atau mengambil barang yang diperlukan.

Baca juga: Cara Merapikan Lemari Pakaian dalam 15 Menit

Rak seperti ini asyiknya tidak hanya dapat diaplikasikan di ruang keluarga saja tetapi juga bisa Anda gunakan untuk di dapur. Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut adalah berbagai alasan untuk mengubah lemari dapur menjadi sebuah rak terbuka.

1. Penyimpanan barang yang fleksibel

Lemari dapur atau kitchen set posisinya memang pasti di dapur karena tidak bisa dipindah-pindahkan begitu saja. Namun sayangnya banyak orang yang merasa kesulitan dengan penggunaan lemari dapur ataupun kitchen set saat perlu untuk mengambil barang-barang yang berada di rak paling atas.

Dengan rak terbuka maka Anda bisa memasangnya dengan posisi yang sesuai dengan tinggi atau jangkauan tangan Anda.

2. Harga yang ekonomis

Ingin mengubah tampilan dapur tetapi tidak ingin menghabiskan biaya yang banyak? Rak terbuka adalah pilihan yang ekonomis karena selain harganya yang tidak terlalu mahal Anda juga bisa membelinya sesuai kebutuhan.

Anda juga tidak perlu memanggil orang layaknya ingin membangun lemari di dapur, di internet banyak tips dan trik untuk memasang rak jenis ini sendiri.

3. Membuat tampilan desain dapur menjadi unik

Selain memiliki fungsi untuk menyimpan perkakas dapur, rak seperti ini juga membuat dapur tampak lebih lega serta membuat tampilan desain dapur menjadi unik.

Jika dapur di rumah memiliki jendela, Anda bisa menggunakan rak terbuka untuk membingkai jendela ini. Selain memiliki fungsi untuk menyimpan perkakas dapur, rak seperti ini juga membuat dapur tampak lebih lega serta membuat tampilan desain dapur menjadi unik.

4. Menampilkan kombinasi warna

Dapur Anda selama ini memiliki warna yang netral? Tambahkan rak di bagian dapur dan pajang berbagai hiasan dengan warna yang serasi untuk memberikan efek visual yang cerah. Pilih piring atau gelas dengan warna sejenis untuk ditampilkan bersama.

5. Membuat dapur menjadi nyaman

Letakkan rak di tempat yang strategis dan mudah dijangkau untuk membuat aktivitas di dapur menjadi nyaman. Gunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu masak atau perlengkapan memanggang.

Rak ini tentunya akan memudahkan Anda mengambil bahan-bahan yang diperlukan ketika sedang membuat hidangan.

6. Cocok untuk Anda yang suka mengoleksi barang

Jika Anda memiliki barang koleksi yang selama ini hanya disimpan di dalam lemari, saatnya untuk menampilkan koleksi dengan rak-rak terbuka. Kombinasikan dengan wallpaper berwarna cerah untuk membuat dapur terlihat serasi bersama koleksi Anda.

7. Membuat tamu merasa di rumah sendiri

Dengan posisi rak yang selalu terbuka, maka otomatis jika ada kotoran yang bertengger di rak tersebut akan langsung terlihat.

Pemasangan rak terbuka akan membuat tamu merasa seperti di rumahnya sendiri karena ketika membutuhkan atau mencari sesuatu tidak perlu bertanya-tanya lagi ke tuan rumah. Seperti di rumah sendiri maka tamu bisa mengambil gelas dan membuat kopinya sendiri.

8. Mudah dibersihkan

Dengan posisi rak yang selalu terbuka, maka otomatis jika ada kotoran yang bertengger di rak tersebut akan langsung terlihat.

Apalagi jika rak tersebut digunakan untuk menyimpan piring dan gelas yang sering digunakan sehari-hari, maka debu tidak akan sempat untuk bersemayam di rak tersebut karena bisa langsung Anda bersihkan.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini