Sukses


Tips Jitu Hapus Noda Permen Karet di Kain

Paling kesal, kan, jika permen karet menempel di perabotan rumah Anda yang berbahan dasar kain.

Liputan6.com, Jakarta Paling kesal, kan, jika permen karet menempel di perabotan rumah Anda yang berbahan dasar kain.

Mulai dari tirai, lap, bahkan pakaian, noda permen karet akan merusak teksturnya. Apalagi sifatnya yang lengket membuat noda ini susah sekali dihilangkan.

Hati boleh panas, tetapi kepala harus tetap dingin. Jangan dulu buang benda-benda tersebut dan mengeluarkan uang tambahan untuk membeli yang baru. Lakukan tips seperti dilansir Rumah.com ini jika Anda kesulitan menghilangkan noda permen karet itu.

Masukkan dalam freezer

Masukkan kain atau pakaian yang terkena permen karet ke dalam wadah plastik dan pastikan permen tidak menempel pada wadahnya.

Lalu, masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama 3-4 jam hingga noda permen karetnya membeku. Noda yang membeku ini akan lebih mudah dicabut dibandingkan noda yang masih lembek.

Gunakan es batu

Jika tak ada kulkas—misalnya Anda berada di kamar hotel tanpa kulkas—gunakan es batu untuk membekukan noda permen karet. Lalu, segera cabut permen karet yang sudah membeku.

Panaskan noda

Gunakan hair dryer untuk memanaskan area yang terkena noda. Biasanya hawa panas ini akan membuat noda permen karet menjadi meleleh dan terlepas dari kain. Namun, pastikan jangan merusak tekstur kain pakaian Anda.

Gunakan setrika

Selain menggunakan hair dryer, Anda juga bisa menggunakan setrika untuk menghilangkan nodanya. Setrika kain atau pakaian yang terkena noda dengan panas yang maksimal di area nodanya.

Ingat, jangan langsung menyentuh noda dengan tangan jika tak ingin jari Anda melepuh. Gunakan alat pencongkel, misalnya sendok unutk mengambil permen karet yang menempel.

Cuka

Tuang cuka ke dalam wadah lalu panaskan dengan microwave selama satu menit—namun jangan sampai mendidih. Usapkan cuka panas ke area yang terpapar noda dan diamkan beberapa menit.

Cuka panas ini akan mengangkat noda, dan setelahnya Anda cukup membersihkannya dengan sikat gigi yang tak lagi terpakai.

Gunakan sabun mandi

Dibandingkan detergen, sabun mandi akan lebih efektif membersihkan noda permen karet. Oleskan sabun ke sekitar area yang terkena noda, dan ratakan dengan menggunakan sikat gigi.

Diamkan selama 1,5 jam, lalu kucek kembali. Noda permen karet akan berkurang dan pakaian Anda akan bersih kembali.

Terkadang, untuk mempersingkat waktu, Anda memilih memasukkan cucian kotor Anda ke laundry. Namun jangan sembarang pilih. Anda bisa saja menggunakan laundry kiloan, namun jangan sampai Insiden Laundry Kiloan Dirjen HAM terjadi pada Anda.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini