Sukses


Cantik dengan Pot Tanaman Bercorak Warna-warni

Ide kreasi untuk menghias aksesoris di rumah memang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Salah satunya adalah dengan mengecat pot.

Liputan6.com, Jakarta Ide kreasi untuk menghias aksesoris di rumah memang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Salah satunya misalnya dengan menghias pot tanaman.

Bagi Anda pencinta tanaman, menghias taman atau pekarangan agar terlihat cantik dan menarik tentu merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus butuh perhatian ekstra. Dan pot tanaman sejatinya tidak hanya sekedar sebagai wadah atau media tanam, tetapi juga bisa menjadi unsur estetika di rumah Anda.

Pot tanaman lazimnya memang terbuat dari tanah liat. Keunggulan pot tanaman seperti ini biasanya tahan terhadap cuaca, kokoh, dan berwarna natural. Kendati demikian, pot tanaman jenis ini memang sedikit monoton dengan pilihan warna itu-itu saja.

Material lain yang juga dijadikan sebagai pot tanaman adalah plastik dan akar serabut kelapa. Sama halnya dengan tanah liat, pot dengan material plastik juga hanya memiliki pilihan warna yang monoton.

Tapi tunggu dulu!

Saat ini pot tanaman yang terbuat dari tanah liat juga bisa tampil menarik dengan penambahan kombinasi warna sehingga menghasilkan corak cantik yang menarik. Misalnya ada yang sengaja melukisnya menggunakan cat poster, namun ada juga mencelupkannya ke dalam cat di dalam air sehingga menghasilkan kombinasi corak warna yang menarik.

Dan berikut adalah tips melukis pot tanaman terbuat tanah liat agar terlihat cantik dan menarik, seperti dilansir dari laman Rumah.com:

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Siapkan peralatan yang diperlukan untuk melukis pot tanaman. (hgtv.com)

– Siapkan pot tanaman yang memiliki tinggi 15,24cm dengan volume bervarisi.
– Siapkan cat warna semprot berwarna putih.
– Kain pelapis
– Kuteks kuku dengan 2 warna yang berbeda
– Tuangkan air panas ke dalam mangkuk bekas atau wadah yang tak terpakai lagi.
– 3-4 tusuk gigi
– Cat semprot arkilik
– Sarung tangan yang diperuntukan sekali pakai

(Lihat juga: Tips Merawat Tanaman di Dalam Ruangan klik di sini)

2. Semprotkan pot menggunakan cat putih

Langkah kedua, adalah semprotkan pot menggunakan cat terlebih dahulu. Pilihan warna cat bisa menggunakan warna putih secara tipis-tipis pada bagian dalam dan luar pot. Lalu, biarkan permukaan kering selama satu malam.

3. Tuangkan cat kuteks kuku ke dalam air pada mangkok

Mangkuk yang mulai ditetesi pewarna kuteks (hgtv.com)

Isi mangkuk yang tak terpakai dengan air panas. Lalu, teteskan pewarna kuteks kuku ke dalam air tersebut. Pastikan, mangkuk yang tersedia memiliki diameter yang cukup besar, yakni berkisar 17cm – 20cm.

Teteskan pewarna yang terang dahulu lalu disusul dengan yang sedikit gelap (tegas) (hgtv.com)

Mangkuk dengan diameter yang lebar, bisa memudahkan Anda memutar-mutar pot tanaman yang hendak dilukis.

4. Aduk air yang sudah diteteskan pewarna kuku

Aduklah air tadi menggunakan tusuk gigi (hgtv.com)

Keempat, aduk air yang sudah diteteskan pewarna tersebut menggunakan tusuk gigi. Anda juga bisa mengaduk dengan dengan membentuk motif tertentu.

5. Masukan pot ke dalam cairan berwarna pada mangkuk

Pot dimasukkan perlahan dengan gerakan berputar searah jarum jam (hgtv.com)

Kemudian, setelah warna-warna pada mangkuk mulai bercampur menghasilkan kombinasi yang menarik, Anda bisa memasukan pot ke dalam mangkuk tersebut.

Caranya pegang bagian sisi mangkuk menggunakan tangan. Namun ingat tangan Anda harus sudah memakai sarung tangan. Masukan pot secara perlahan dan memutar searah agar menghasilkan warna yang rapi.

6. Diamkan hingga kering

Terakhir, diamkan hingga kering. Kira-kira selama 1 jam. Setelah kering, masukan tanaman dan semua media tanam dan pupuk untuk ditanam. Dan pot cantik Anda pun sudah siap disimpan pada taman atau bagian interior rumah.

Foto: hgtv.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini