Sukses


Tren Rumah Desain Minimalis Unik

Jika Anda hendak membuat rumah dengan desain minimalis, maka simak kumpulan desain rumah minimalis ala Rumah.com berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Rumah minimalis nampaknya akan terus diminati oleh banyak orang. Tidak hanya desainnya yang sederhana, tetapi rumah minimalis juga dikenal sebagai rumah dengan efisiensi yang sangat baik.

Ada yang beranggapan bahwa rumah minimalis ditunjukkan dengan ciri fasad yang khas. Anggapan tersebut tentunya tidak sepenuhnya salah karena beberapa rumah minimalis memang kerap mengaplikasikan bentuk kubus, atau hanya sekedar dinding yang diplester dan lain sebagainya.

Jenis fasad memang akan mempengaruhi stigma tentang jenis bangunan. Perannya mewadahi fungsi primernya, sebagai wajah bangunan sekaligus pembatas antara bangunan dan ruang luar.

Tiga hal yang harus diperhatikan pada desain rumah minimalis antara lain:

  • Jenis material fasad
  • Jenis dan ukuran bukaan, serta letaknya
  • Langgam fasad yg ingin dimunculkan

Pilihan langgam atau style tentunya akan menentukan jenis material yg dipakai dan ukurannya. Untuk desain rumah minimalis, kesan yg dimunculkan adalah geometris, garis-garis kolom dari beton atau kayu juga mencirikan aksen yang khas akan rumah minimalis ini.

Namun, sekali lagi esensi dari rumah minimalis adalah rumah yang tidak terlalu belebihan soal ruang ataupun ornamen.Ya, rumah minimalis sangat cocok bagi Anda yang memiliki gaya hidup sederhana.

Baca juga: Rumah Minimalis Cermin Gaya Hidup Anda

Jika Anda hendak membuat rumah dengan desain minimalis, seperti dilansir dari laman Rumah.com akan memberikan kumpulan desain rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda:

Perumahan Kalyana Townhouse, Bekasi

Bagian fasad Perumahan Kalyana Townhouse 

Tampak fasad samping Perumahan Kalyana Townhouse

Perumahan Kalyana Townhouse merupakan perumahan baru yang terletak di Bekasi-Jawa Barat. Sebanyak 33 unit rumah didesain menggunakan model minimalis. Terdapat 3 kamar tidur, dimana kamar utama berada di lantai 2, yang lagsung memiliki pemandangan ke luar rumah.

Fasad rumah ini juga terlihat sederhana. Hanya terdapat balkon dan sejumlah jendela yang dipasang berbentuk persegi dan vertikal. Sehingga, bisa memberikan dampak pencahayaan yang baik.

Perumahan Aliva Priva Jardin, Cinangka Sawangan – Depok

Desain unik untuk rumah minimalis di Perumahan Aliva Priva Jardin.

Saat malam hari tampilan fasad di Perumahan Aliva Priva Jardin terlihat lebih dramatis dengan penggunaan pencahayaan.

Griya Kencana Tosca, Bali

Perumahan selanjutnya adalah Griya Kencana Tosca yang berada di Gianyar-Bali. Perumahan ini hanya memiliki dua kamar tidur, ruang tamu dan ruang makan, dapur, serta kamar mandi. Uniknya, tampak dari fasad rumah sekilas akan seperti desain-desain villa ala Bali.

Namun, jika diteliti, fasad rumah ini bergaya minimalis. Nilai estetika yang menonjol hanyalah pemakaian batu alam pada dinding fasad, selebihnya dinding hanya di cat biasa dan juga kaca jendela yang dipasang vertikal, sehingga membuat desain ini kian memberikan kenyamanan.

Fasad depan rumah Griya Kencana Tosca.

Tampak lebih dekat fasad Perumahan Griya Kencana Tosca, yang menggunakan batu alam untuk mempercantik rumah.

Perumahan Bumi Papan Selaras, Jawa Timur

Perumahan Bumi Papan Selera yang berlokasi di Sidoarjo Jawa Timur juga memiliki desain minimalis yang apik. Dengan ukuran luas bangunan 50m2 – 60m2, berhasil menarik konsumen sehingga tak heran dalam waktu cepat bisa terjual habis.

Desain rumah dengan Tipe 60/128 di Perumahan Bumi Papan Selaras.

Tipe 50/105 Perumahan di Bumi Papan Selaras

Perumahan Permata Indah Residence, Bogor-Jawa Barat

Fasad depan desain rumah minimalis di Perumahan Permata Indah Residence Tipe 50/94

Perumahan Paradise Park Residence, Sepatan – Tangerang

Perumahan dengan Tipe 69/84 di Paradise Park Residence.

Perumahan Setra Regency Townhouse, Ciwaruga – Bandung

Desain rumah minimalis di Perumahan Setra Regency Bandung.

Foto: Perumahan Aliva Priva Jardin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.