Sukses


Bulu Hewan Bertebaran Pada Perabotan Rumah? Ini Cara Mengatasinya

Masalah yang sulit dihindari saat memelihara hewan peliharaan adalah ketika bulu-bulunya menyebar di perabotan rumah. Ini cara mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin bisa mengajarkan anjing atau kucing Anda untuk membuang kotoran di bak yang sudah disediakan. Atau Anda juga rajin memandikan hewan kesayangan Anda itu agar tidak meninggalkan aroma tak sedap di dalam rumah Anda.

Masalahnya yang paling susah Anda hindari adalah bulu-bulu hewan itu yang menyebar di perabotan rumah. Repot, kan, jika Anda harus memungutnya satu-persatu. Karena itu, simak cara menyingkirkan bulu hewan dari perabotan berbahan kain yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini. 

(Simak juga: 10 Tips Meminimalisir Bau di Rumah yang Memelihara Hewan)

Sebaiknya jangan langsung mencuci seprai, baju, atau gorden Anda. Saat basah, bulu anjing atau kucing malah akan masuk ke dalam serat kain sehingga susah untuk dikeluarkan.

Merendamnya dengan air hanya akan memisahkan bulu yang ada di bagian luar, bukan bulu yang ada di antara serat. Bila memang sudah terlanjur basah, jemur dahulu hingga kering.

Gunakan sikat gigi halus yang sudah tak terpakai namun sikatnya belum bengkok. Sikat lembut bagian yang banyak bertaburan bulu, dan harus disikat searah, bukan seperti Anda akan menghilangkan nodanya.

Memang tidak seluruh bulu akan terangkat, tapi minimal bulu yang berada di bagian luar akan berkurang.

Di beberapa toko peralatan rumah ada yang menyediakan rol pembersih kain. Jika tak ada, Anda bisa menggunakan rol rambut yang tak lagi dipakai.

Usap bagian pakaian atau sofa yang terpapar bulu hewan dengan rol. Biasanya bulu tersebut akan menempel di bagian rol karena permukaan rol yang lengket.

Gunakan vacuum yang ujungnya berbentuk seperti sikat—biasanya memang digunakan untuk membersihkan rambut yang kecil—untuk membersihkan gorden dan sofa yang sering menjadi lokasi bersantai hewan peliharaan Anda.

Mengingat bulu hewan dapat rontok setiap saat, sebaiknya Anda melakukan vacuum setiap dua hari sekali.

Cuci baju atau gorden setelah Anda selesai membersihkan bulu hewan. Untuk baju jika bulunya memang banyak, sebaiknya langsung dicuci.

Sementara gorden dapat Anda cuci 1-2 bulan sekali. Pasalnya, belum tentu bulu hewan tersebut benar-benar bersih sehingga kemungkinan baju Anda ikut terpapar kotoran.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini