Sukses


Bidik Rumah Murah Rp100 Jutaan di Cileungsi, Bogor

Untuk tipe rumah subsidi yang tersedia adalah unit LB 23m2 dan LT 60m2 yang dijual Rp140 Juta.

Liputan6.com, Jakarta Terletak di wilayah utara-timur Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Cileungsi menjadi kawasan yang namanya mulai dikenal banyak orang. Selain sebagai daerah industri, area ini juga dikenal karena memiliki lokasi wisata favorit warga Jabodetabek yakni Taman Wisata Mekarsari.

Sejalan berkembangnya kawasan industri di sana menyebabkan tingkat kepadatan penduduknya terus bertambah setiap tahunnya. Pada 2010, Sensus Penduduk mencatat bahwa Cileungsi dihuni oleh lebih dari 260 ribu jiwa dengan kepadatan mencapai 3.567 jiwa per kilometer persegi.

Kepadatan penduduk sudah pasti berpengaruh terhadap tingkat permintaan hunian. Oleh karenanya, Cileungsi dinilai cukup aktif dalam memberi pasokan rumah murah bagi masyarakat.

Menurut data kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jawa Barat menjadi provinsi pemasok rumah subsidi terbesar yakni mencapai 28.409 unit (data Februari 2016).

Fakta ini senada dengan data penyaluran kredit FLPP Bank Tabungan Negara (BTN) per September kemarin, yang menyebut Jawa Barat menempati peringkat pertama dengan jumlah debitur mencapai 25.138.

Berdasarkan kanal properti baru Rumah.com, tercatat setidaknya ada dua perumahan subsidi dan satu perumahan murah yang hingga kini masih bisa dilirik masyarakat. Apa sajakah itu?

Permata Puri Harmoni 2

Dikembangkan oleh PT. Bangun Cipta Multiguna yang merupakan anak perusahaan Vista Land Group, perumahan subsidi Permata Puri Harmoni 2 yang hadir dengan total unit mencapai 2.000 rumah.

Untuk tipe rumah subsidi yang tersedia adalah unit LB 23m2 dan LT 60m2 yang dijual dengan bandrol Rp 140 Juta. Harga ini sebenarnya melebihi ketentuan harga jual rumah subsidi tapak di wilayah Jabodetabek, yang batasannya adalah Rp133,5 Juta.

Dari segi fasilitas, pengembang hanya menyediakan keamanan dan taman. Perumahannya sendiri terpaut 5,8km dengan Taman Wisata Mekarsari.

(Simak juga: Rumah Subsidi di Bogor dan Bekasi Cicilan Rp800 Ribu)

Puri Asri Cileungsi 2

Bergeser sedikit ke perumahan subsidi lainnya di wilayah Cileungsi, ada Puri Asri Cileungsi 2 yang menawarkan rumah subsidi seharga Rp139 juta. Jika Anda tertarik, siapkan saja booking fee (tanda jadi) sebesar Rp 1.000.000.

Setelahnya konsumen akan diminta melunasi uang muka sebesar Rp 15 juta yang bisa dicicil enam kali. Soal angsuran bulanan, nominalnya tetap hingga lunas dengan opsi 10 tahun Rp1.435.000 atau tenor 15 tahun Rp 1.067.000.

Sesuai dengan peraturan, persyaratan KPR yang diminta mencakup;

  • Pas foto ukuran 3×4 (suami-istri)
  • Foto copy KTP (suami-istri)
  • Foto copy kartu Keluarga
  • Foto copy surat nikah bagi yang sudah menikah
  • Foto copy kartu pegawai
  • Foto copy NPWP pribadi + SPT
  • Surat Keterangan Kerja (SK)
  • Slip gaji terakhir, minimal penghasilan (gaji pokok) Rp3 Juta

CitraIndah Bukit Ebony

Rekomendasi terakhir bukanlah perumahan subsidi, melainkan perumahan murah yang digarap pengembang ternama Ciputra Grup. Meski bukan rumah subsidi, namun harga jual yang dipasarkan tidak berbeda jauh.

Klaster ini menyediakan beberapa tipe unit rumah dengan harga yang cocok bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. Mulai dari tipe 22/72 Rp149 juta, tipe 22/90 Rp178 juta, tipe 36/72 Rp183 juta, serta tipe 36/90 Rp221 juta.

Tipe terkecil yaitu tipe 22/72 terdiri dari satu kamar tidur dan satu kamar mandi. Jika konsumen memilih cicilan tenor 10 tahun, maka asumsi pengeluaran yang harus disisihkan dari gaji adalah Rp 1.121.175 tiap bulannya.

Tak heran, jika tipe ini sangat cocok bagi masyarakat yang memiliki gaji pas-pasan, tapi mendambakan sebuah rumah di kawasan terpadu.

Fasilitas menarik yang berada di area perumahan seperti waterpark, angkutan kawasan, taman bermain, hingga sarana ibadah, tetap bisa dinikmati meski menghuni klaster kelas bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.