Sukses


Ini Cara Membersihkan Karpet yang Benar

Pernah mengalami bersin-bersin atau gatal-gatal saat berada di ruang keluarga yang beralaskan karpet? Anda harus membersihkannya lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Karpet yang ada di ruang keluarga bisa jadi merupakan salah satu tempat favorit di rumah di mana Anda dan keluarga banyak menghabiskan waktu bersama. Sebagai tempat Anda bersantai sambil berbincang atau menonton TV bersama pasangan, atau juga sebagai tempat bermain bagi anak-anak.

Tapi pernahkan Anda dan keluarga mengalami bersin-bersin saat berada di area tersebut? Atau bahkan malah merasa gatal-gatal? Jika ya maka berarti Anda harus menjaga kebersihan karpet dengan lebih baik. Inilah cara ala Rumah.com.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda di Karpet

Menggunakan sapu lidi atau vacuum cleaner

Debu tidak hanya membuat permukaan karpet terlihat kotor, tetapi juga mengingatkan Anda dengan kuman dan kutu yang dapat menganggu kesehatan. Inilah salah satu alasan mengapa karpet perlu dibersihkan setiap hari dan dicuci secara teratur agar tetap bersih.

Caranya, setiap pagi gunakan vacuum cleaner atau setidaknya sapu lidi untuk menghilangkan kotoran kering dan membersihkan bagian atas karpet. Kemudian, sapu lantai tempat Anda menggelar karpet.

Jika memungkinkan, jemur karpet di halaman rumah supaya karpet tidak berbau dan menghindari jamur. Kalau Anda ingin memperpanjang umur karpet, sesekali manfaatkanlah jasa pembersih karpet profesional untuk membersihkan karpet secara menyeluruh.

Membersihkan noda makanan dan minuman

Mengaku saja kalau Anda suka makan, minum, dan ngemil di atas karpet sambil menonton televisi. Akibatnya, remah-remah makanan dan minuman kadang-kadang tumpah di atas kapet dan meninggalkan noda.

Cobalah menyelamatkan karpet dari noda yang menempel dengan membersihkannya sesegera mungkin. Caranya, basahi handuk atau kain dengan air yang sudah dicampur sabun, kemudian tekan bagian karpet yang terkena noda makanan dan minuman, misalnya saus, kecap, sirup, soda, teh, dan kopi.

Ulangi cara ini hingga karpet kembali bersih.

Membersihkan tetesan lilin dan permen karet

Jika ada tetesan lilin dan permen karet yang menempel di atas karpet, segera gunakan es batu untuk membersihkannya. Caranya, masukkan es batu ke dalam plastik dan letakkan di atas tetesan lilin dan permen karet agar mengeras.

Gunakan sendok untuk mengangkat lilin dan permen karet yang mengeras dari permukaan karpet. Basahi kain dengan air dan campuran sabun untuk menghilangkan lilin yang tersisa. Yang perlu diperhatikan adalah hindari menggosok sisa lilin dan permen karet dengan sikat karena berisiko merusak karpet.

Foto: Pexels.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini