Sukses


Tak Cuma Diminum, Ini Ragam Manfaat Kopi untuk di Rumah

Selain dikonsumsi langsung, tahukah Anda bahwa kopi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, kecantikan, bahkan merawat perabotan di rumah

Liputan6.com, Jakarta Kopi yang hangat memang nikmat disajikan di pagi hari atau di musim penghujan seperti ini. Banyak orang menikmati kopi dengan beragam cara dan gaya, mulai dari yang membeli yang sudah siap saji di sebuah kedai kopi, hingga yang memiliki alat penggiling biji kopi di rumah agar bisa meraciknya sendiri.

Selain dikonsumsi langsung, tahukah Anda bahwa kopi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, kecantikan, bahkan merawat perabotan di rumah. Simak rangkumannya diambil dari Rumah.com berikut ini.

Baca juga: Pemanasan Global Ancam Pecandu Kopi

1. Mengurangi sakit kepala

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengendurkan pembuluh darah yang membengkak dan mengakibatkan sakit kepala.

2. Memperbaiki perabotan

Jika di lemari kayu Anda terdapat retakan kecil, ambil 2-3 sendok makan kopi instan dan campurkan dengan sedikit air hingga teksturnya menjadi kental. Gunakan pisau kecil untuk mengambil campuran tersebut kemudian gunakan untuk mengisi bagian yang retak.

Bersihkan dengan kain lap bila ada campuran kopi yang tersisa di sisi lemari. Untuk hasil yang optimal, gunakan pembersih khusus perabotan kayu setelahnya.

3. Membersihkan udara mobil

Agar ruang di dalam mobil tetap memiliki aroma yang bersih dan segar, simpan kopi di wadah terbuka dan letakkan di tempat yang aman di mobil. Aroma kopi yang kuat akan menghisap bau yang mengganggu di mobil seperti aroma makanan cepat saji.

4. Menyuburkan tanaman

Bukan kandungan kafein dari ampas kopi yang dapat menyuburkan tanaman, namun tingkat keasaman dan juga nitrogen, fosfor, serta mineral yang memiliki manfaat baik bagi tanaman. Gali tanah dekat akar dan masukan ampas dari kopi. Lakukan ini paling tidak sebulan sekali.

5. Membersihkan wajah

Banyak salon kecantikan yang menggunakan kopi sebagai perawatan. Jika Anda ingin mencobanya sendiri di rumah, gunakan ampas kopi untuk mengelupas kulit mati di wajah. Gunakan di bagian yang berminyak, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

6. Membuat rambut menjadi mengkilap

Mengaplikasikan kopi dengan aroma yang kuat di saat rambut kering dan bersih akan membuat rambut menjadi ekstra mengkilap. Gunakan kopi di rambut dan diamkan selama 20 menit, bilas dengan bersih. Ulangi selama 7 hari berturut-turut untuk hasil terbaik.

7. Menghilangkan bau hewan

Beberapa pemilik hewan peliharaan menemukan cara untuk menghilangkan aroma hewan mereka di dalam rumah, yaitu dengan memanaskan biji kopi di panci besi dengan api yang kecil.

Ketika aroma kopi sudah keluar, matikan kompor dan pindahkan biji ke sebuah wadah dan letakkan di ruangan yang memiliki aroma tersebut.

8. Membuat pupuk kompos lebih cepat

Tuangkan kopi, teh, atau soda kola agar populasi bakteri yang digunakan untuk membuat pupuk kompos di dalam tanah dapat berkembang lebih cepat.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini