Sukses


Tips Bereskan Rumah Usai Potluck

Membereskan ruangan adalah hal yang paling berat untuk dijalankan. Agar cepat selesai, lakukan cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat rumah Anda dinyatakan sebagai lokasi untuk arisan teman, acara keluarga, atau potluck, bisa jadi Anda semangat mengatur susunan ruangannya.

Potluck adalah kegiatan berkumpul bersama keluarga atau teman dengan konsumsi yang dibawa oleh masing-masing. Misalnya, tuan rumah menyiapkan minum, tamu ada yang membawa makanan utama, cemilan, dan lain-lain.

Tak apalah lelah mengangkat meja atau menggelar karpet, yang penting ruangannya nyaman dan indah dipandang sehingga teman tak bosan saat berkunjung.

Masalahnya, begitu acara usai, membereskan ruangan adalah hal yang paling berat untuk dijalankan. Agar cepat selesai, lakukan cara seperti dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Bersihkan area makan

Meja makan dan sekitarnya adalah bagian pertama yang harus dibersihkan. Soalnya jika makanan dibiarkan berserakan dalam waktu lama tentunya akan mengundang semut atau kecoa masuk ke dalam rumah.

Apalagi makanan akan meninggalkan noda di perabotan Anda. Bersihkan seluruh makanan sisa dan jika masih ada makanan yang belum termakan segera simpan ke dalam wadah lalu masukkan ke dalam kulkas.

Bersihkan meja makan dengan lap untuk mencegah sisa makanan menempel dan meninggalkan noda. Segera pel lantai ruang makan untuk mencegah lengket.

Cuci seluruh peralatan makan yang sudah digunakan dan jangan biarkan menumpuk—karena Anda akan semakin malas mencucinya begitu melihat jumlahnya yang banyak.

Sortir area duduk

Vacuum karpet, lalu segera gulung dan simpan kembali. Periksa setiap batas sofa untuk memastikan tidak ada barang yang terselip.

Letakkan stoples kembali ke tempat asalnya, dan bereskan mainan anak yang mungkin tercecer di lantai ke dalam boks. Setelah semua terangkat, sapu dan pel lantai untuk menghilangkan sisa makanan yang tumpah atau kotoran yang terbawa dari luar.

Bersihkan halaman

Teras menjadi salah satu area favorit saat potluck. Selain bisa mengobrol dengan bebas, suasana luar yang sejuk membuat Anda dan teman betah mengbrol lama.

Cek kembali kondisi teras setelah digunakan untuk berkumpul, pastikan tak ada puntung rokok, gelas plastik, atau sampah lainnya ada di teras dan halaman Anda.

Cek kondisi kamar

Bila ada tamu Anda yang membawa anak, kemungkinan kamar Anda pasti dipinjam sebagai tempat istirahat bahkan bermain anak.

Tak ada salahnya mengganti seprai yang sudah digunakan, agar terhindar dari sisa keringat. Sapu dan pel juga lantai kamar Anda. Pastikan kamar Anda bersih sebelum Anda menggunakannya untuk tidur.

(Simak juga: Tips Berolahraga Sambil Bersihkan Rumah)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini