Sukses


Langkah Tepat Bersihkan Dapur Tempat Usaha

Departemen Kesehatan menjadikan kebersihan dan kesehatan dapur sebagai syarat utama dalam memberikan izin Depkes.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan dapur biasa—yang kadang hanya Anda gunakan sebagai pajangan karena mayoritas Anda membeli bukan memasak—dapur usaha jauh lebih penuh barang dan rentan berantakan.

Dapur yang digunakan untuk usaha katering, warung makan, atau resto jelas lebih sibuk dan penuh barang.

Selain menyiapkan barang dan peralatan masak, Anda juga harus meluangkan waktu untuk membersihkan dapur secara rutin.

Departemen Kesehatan menjadikan kebersihan dan kesehatan dapur sebagai syarat utama dalam memberikan izin Depkes. Jika suatu saat dapur kedapatan dalam kondisi kotor saat inspeksi mendadak, Depkes takkan berpikir dua kali untuk mencabut izin usaha Anda.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut tipsnya jika Anda ingin membersihkan dapur usaha kuliner Anda.

Bersihkan setiap hari

Mengingat banyaknya porsi makanan yang harus Anda sajikan setiap hari, dapur Anda pun harus bersih setiap hari.

Hal ini untuk mencegah Anda menggunakan bahan yang tak lagi segar ke dalam makanan. Setiap hari, usai Anda selesai menyiapkan makanan, segera sortir dapur Anda dan singkirkan sisa makanan yang tak lagi digunakan.

Segera cuci alat masak

Segera cuci alat masak setelah Anda selesai memakainya. Penumpukan kotoran yang terdapat pada peralatan memasak akan menyebabkan Anda semakin kesulitan, karena makanan cenderung lengket dan menempel di permukaan alat.

Padahal, alat ini akan Anda gunakan untuk memasak esok harinya. Tak mau, kan, rasa makanan menjadi berantakan akibat peralatan makan yang kotor?

(Simak juga: Tips Bikin Dapur Bebas Bau)

Bersihkan perabotan

Kabinet, rak piring, lemari dapur sebaiknya dibersihkan setiap minggu. Meski Anda merasa dapur tetap bersih, tapi Anda mungkin tak sadar jika ada kuah makanan yang mungkin terpapar ke area perabotan.

Lalu, bisa saja sisa tepung, serta bumbu menempel di perabotan dapur Anda.

Pel lantai

Ada kalanya bahan makanan terjatuh atau bahkan berserakan di lantai. Jadi untuk mencegah lengket dan munculnya bakteri di lantai, pel lantai dua kali dalam sehari, yaitu sebelum Anda mulai memasak, dan setelah kegiatan memasak selesai. Mengepel lantai juga mencegah lantai menjadi lengket dan menimbulkan jamur di sudut-sudut ruangan.

Siapkan handuk atau lap kering

Dapur harus selalu tersedia handuk kering, tisu, dan lap kering yang bersih. Bedakan antara kain untuk mengelap meja dengan kain yang digunakan untuk mengelap piring. Setiap hari cucilah kain yang sudah digunakan untuk membersihkan dapur.

Nah, bagi Anda yang merasa lokasi huniannya strategis, jangan ragu untuk memanfaatkannya menjadi tempat usaha.

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini