Sukses


Bersihkan Tempat Sampah Juga Ada Jadwalnya, Lho!

Anda ingat bahkan punya jadwal untuk membersihkan lantai rumah, jendela, dan sofa. Tapi, ingatkah Anda dengan tempat sampah di rumah?

Liputan6.com, Jakarta Anda boleh ingat bahkan punya jadwal untuk membersihkan lantai rumah, jendela, dan sofa. Tapi, apakah Anda juga mengingat tempat sampah yang ada di sekitar rumah Anda?

Tak jarang Anda membiarkan saja tempat sampah tersebut dalam kondisi kotor. Padahal, sebagai tempat berkumpulnya sampah, wadah sampah sangat rentan menyebabkan penyakit. Karena itu, jangan lupa atau telat membersihkannya.

Agar Anda tak membuang banyak waktu untuk membersihkan tempat sampah, ketahui periode yang tepat untuk membersihkan masing-masing tempat sampah sesuai letak dan fungsinya, seperti dikutip dari Rumah.com.

Tempat sampah di kamar mandi

Mengingat tempat sampah ini digunakan untuk membuang tisu toilet bekas pakai, pembalut, bahkan sisa rambut yang menggumpal di dekat aliran air, Anda harus membuangnya setiap hari.

Tempat sampah pun minimal dibersihkan setiap dua hari jika Anda tak ingin aroma tak sedap timbul di kamar mandi Anda.

Tempat sampah di dapur

Hampir semua jenis sampah dibuang di wadah sampah yang ada di dapur, terutama sisa makanan. Akibatnya, tempat sampah di dapur cederung lengket dan bearoma asam.

Bersihkan wadah sampah dapur setiap hari dengan menggunakan sabun pencuci piring dan tambahkan perasan jeruk nipis. Gunanya untuk menghilangkan aroma amis sehingga mencegah kecoa masuk ke dapur Anda.

Tempat sampah di kamar

Tempat sampah di kamar biasanya digunakan untuk membuang tisu bekas, kapas bekas membersihkan wajah, struk belanja, dan sampah lainnya.

Kebanyakan memang sampah kering, namun Anda harus tetap membuang sampah di dalamya setiap hari dan bersihkan wadah sampah minimal satu kali seminggu.

Tempat sampah di luar rumah

Berhubung bak sampah di halaman adalah penampung segalanya, bak ini sering menjadi incaran kucing liar, lalat, dan kecoa. Jika sampai terjadi hal itu, berarti bak pun penuh bakteri dan kuman penyakit.

Bersihkan bak sampah minimal satu kali seminggu dengan menyemprotkan dengan air dan detergen lalu sikat permukaannya.

Asbak

Gunanya memang bukan sebagai tempat sampah, tapi abu rokok—yang juga sampah. Bila abu rokok dibiarkan menumpuk, abu akan menempel pada asbak sehingga menimbulkan aroma tak sedap. Bersihkan asbak setiap hari atau setiap setelah digunakan untuk mencegah abunya menempel.

Secara umum, untuk menciptakan kondisi rumah yang sehat, ada enam langkah yang harus dilakukan.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini