Sukses


5 Tanaman Cover Ground untuk Pengganti Rumput

Jika Anda bosan dengan rumput, sebenarnya banyak pilihan tanaman menjalar lainnya yang fungsinya sama sepert rumput.

Liputan6.com, Jakarta Punya halaman yang hijau dan cantik tentu jadi impian Anda. Tapi jika Anda bosan dengan rumput, sebenarnya banyak pilihan tanaman menjalar lainnya yang fungsinya sama sepert rumput alias menutupi tanah—biasa disebut cover ground.

Tanaman cover ground cenderung pendek, dan tingginya tak lebih dari 10 cm. Tak sedikit jenis tanaman cover ground yang memiliki bunga yang colorful. Berikut beberapa tanaman yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya mudah ditemui, seperti dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Kucai bunga

Ada dua jenis warna yang dimiliki kucai bunga, yaitu kuning dan pink. Bentuk tanamannya seperti batang-batang lurus ke atas dengan bunga di setiap ujungnya. Aroma bunganya mirip puding susu. Namun, tanaman ini mudah roboh saat tertiup angin kencang.

Anyelir mini

Bentuknya mirip rumput namun dengan kuncup bunga berwarna pink atau merah yang sangat muda. Biasanya bunga ini sering digunakan anak perempuan untuk menghias kukunya karena kelopak bunganya meninggalkan warna merah jika dioleskan pada kuku.

Anyelir mini mekar pada pagi hari, dan biasanya mulai kuncup kembali menjelang malam.

Wedelia

Bunganya berwarna kuning cerah dan sering digunakan taman-taman kota sebagai area pembatas antara pejalan kaki dan area tanaman.

Tekstur daunnya agak kasar, namun bunganya banyak sekali, sehingga semakin memperindah taman Anda. Bunga wedelia juga sering mengundang kupu-kupu kecil dan kepik untuk hinggap di sekitarnya.

Lantana

Warna bunganya sangat beragam, ada yang kuning, oranye, hingga ungu. Jika dilihat sekilas bunganya tampak besar, namun saat Anda dekati, setiap bunga terdiri atas kelopak bunga yang lebih kecil.

Lantana juga cantik untuk ditanam di dalam pot karena daun dan bunganya yang sangat lebat.

Gomphrena

Banyak yang mengira gomphrena merupakan tanaman liar, namun tanaman ini dipercaya sebagai tanaman obat.

Bunganya bulat berwarna ungu. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari cerah agar selalu berbunga.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.