Sukses


Perhatikan Ini Sebelum Pelihara Anjing di Rumah Kecil

Agar rumah tetap rapi, simak cara berikut saat Anda memiliki anjing di rumah dengan ruangan yang sempit.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil Anda selalu ingin memiliki hewan peliharaan. Begitu Anda berhasil membeli rumah sendiri, Anda pun memutuskan untuk memelihara anjing sebagai teman Anda di rumah.

Masalahnya rumah Anda mungkin terlalu sempit—bahkan area halaman pun sangat sempit—sedangkan anjing yang Anda pelihara semakin besar bentuk tubuhnya.

Tak ingin, kan, saat anjing masuk ke dalam rumah, seluruh perabotan yang ada menjadi berhamburan. Agar rumah tetap rapi, simak cara berikut saat Anda memiliki anjing di rumah yang ruangannya sempit.

Sesuaikan anjing yang akan Anda pelihara dengan ukuran rumah

Beberapa negara memiliki rasio antara ukuran anjing dengan luas rumah. Tujuannya agar baik si dogy maupun sang pemilik punya cukup ruang untuk bergerak.

Beberapa jenis anjing berukuran kecil hingga sedang yang bisa dipelihara di rumah dengan luas ruang terbatas adalah dachshund, cihuahua, dan beagle.

Beberapa anjing berukuran sedang hingga besar, seperti bulldog dan greyhound, punya karakter yang tenang sehingga tidak terlalu banyak bergerak di dalam rumah.

Tentukan batas ruangan

Sebenarnya anjing termasuk hewan yang mudah dilatih. Jika Anda bersikap tegas, dia tak akan memasuki ruangan tanpa seizin Anda.

Batasi ruang geraknya, misalnya anjing tidak boleh memasuki ruang makan dan kamar tidur Anda. Hal ini juga memudahkan Anda saat membersihkan ruangan, karena Anda sudah mengetahui bagian mana saja yang sudah terjamah anjing Anda.

Disiplin dalam memberikan makan

Anjing akan seenaknya memasuki rumah dan mengacak-acak rumah Anda jika Anda terbiasa memberikan camilan di dalam rumah.

Selalu beri makan anjing Anda di luar rumah, sehingga dia akan keluar saat ingin mencari makanan. Memberikan makanan di luar juga bertujuan mencegah makanan berceceran di dalam rumah yang akan mengundang semut dan lalat.

Siapkan ‘tempat tidur’

Anda tidak harus menempatkan anjing peliharaan di luar rumah. Yang harus Anda lakukan untuk membiarkannya tidur di dalam rumah adalah memberikan spot khusus tidur dan tempat tidur yang nyaman dan hangat.

Dengan demikian, dia tidak berkeliaran di dalam rumah untuk mencari posisi tidur yang pas. Jika anjing terbiasa tidur di sofa, selain sofa menjadi cepat kotor, sofa pun menjadi beraroma tak sedap.

Bersihkan ruangan

Minimal seminggu sekali vacuum area yang sering dimasuki anjing Anda. Hal ini untuk mencegah aroma peliharaan Anda menetap di satu area tertentu.

Keluarkan setiap pagi

Bukan hanya Anda, anjing pun butuh menikmati udara segar dan bergerak lebih banyak. Bila Anda terlalu membatasi ruang geraknya, anjing akan merasa terkukung dan bergerak sesukanya di rumah Anda.

Kondisi seperti inilah yang membuatnya merusak barang yang ada di rumah Anda, seperti mengigiti sofa atau merusak tanaman.

Kegiatan fisik seperti berjalan-jalan di luar rumah bertujuan menyalurkan energi mereka, mengurangi agresivitas, dan ‘kenakalan’ di dalam rumah.

Anjing menjadi galak atau suka berbuat onar di rumah biasanya karena jarang diajak beraktivitas fisik. Terlalu banyak energi yang tidak tersalurkan membuat karakter mereka meledak-ledak.

Nah, untuk Anda yang memiliki rumah berukuran kecil, Siasati Ruang Sempit dengan 14 Warna Cat Ini

Foto: Stocksnap.io

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini