Sukses


Mau Suami Betah di Rumah? Ini Triknya...

Dalam merancang ruang spesial untuk suami menyalurkan hobinya, istri sangat perlu memberi kebebasan baik dari segi teknis dan dekoratif.

Liputan6.com, Jakarta Hakikat berumah tangga adalah bagaimana kedua belah pihak baik suami dan istri, mampu memberi kontribusi yang bisa menciptakan hubungan langgeng nan harmonis. Jadi, kodrat suami ialah mencari nafkah, sementara istri mengurusi rumah sembari berinovasi menyenangkan suami.

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyenangkan suami sehingga dapat membuatnya betah di rumah sangat bervariasi.

Contoh umumnya adalah merias diri ketika suami pulang bekerja, memasak makanan kesukaannya, dan yang wajib adalah memberi perhatian serta kasih sayang.

Dibalik sejuta cara personal, para psikolog selalu menganjurkan istri untuk giat menata rumah sehingga indah untuk dipandang. Sudah pasti, segala sesuatu yang enak dilihat pasti membuat orang betah termasuk suami.

Berdasarkan sudut pandang desainer interior, menurut Direktur Development and Design PT. Dewata Joso Property, Bintang Archidenta, salah satu trik jitu agar suami betah berada di rumah adalah dengan menghadirkan space khusus untuk ia menyalurkan hobinya.

“Cari tahu apa passion suami Anda, lalu berilah ruang itu di rumah. Misal suami hobi mengoleksi mainan seperti action figure dan lainnya, maka Anda bisa menyiapkan satu etalase untuk ia menyimpan barang kesayangannya,” tukasnya saat dihubungi Rumah.com.

Dalam merancang ruang spesial untuk suami menyalurkan hobinya, istri sangat perlu memberi kebebasan baik dari segi teknis dan dekoratif. Ini ditujukan agar ia merasa nyaman berada di sana tanpa terganggu aksen yang tidak ia sukai.

“Jika suami hobi menonton film atau tak mau ketinggalan berita terkini, sebaiknya tempatkan televisi di kamar tidur utama. Jika luas kamar terbatas, akali meletakkan TV di lemari multifungsi (kombinasi rak TV dan pakaian),” kata Bintang.

Penting diketahui, menemani suami menyaksikan tayangan favoritnya meski Anda kurang suka, merupakan langkah terbaik untuk membuatnya tidak gemar keluyuran bersama teman-temannya.

Ketika menonton, sedikit banyak suami pasti senang menjelaskan alur cerita film tersebut kepada Anda. Jangan kesal apalagi mengutarakan komentar pedas, melainkan dengarkan baik-baik bahkan jika perlu berikan pertanyaan supaya ia merasa dihargai.

Jangan Paksakan Keinginan Sendiri

Berbeda dengan wanita, laki-laki cenderung lebih menyukai warna-warna kalem dan monokromatik pada interior kamar tidur.

“Bila istri inginnya bermain warna-warna cerah di kamar tidur, kebanyakan suami condong ke warna krem, putih gading, atau abu-abu. Namun jika Anda dan suami sepakat mau menghadirkan nuansa ‘hot’, merah marun adalah pilihan tepat,” ucap pria lulusan arsitek ITB ini.

Selain memunculkan ketenangan, warna merah marun dianggap mampu membangkitkan energi yang dinamis, kegairahan, dan sensualitas. Agar terkesan lebih hangat dan nyaman, padukan warna merah marun dengan warna natural seperti kayu yang bisa diaplikasikan melalui lantai.

Kala menata kamar tidur, istri sebaiknya tidak memaksakan terlalu banyak idenya. Dari sisi dekorasi, mungkin disitulah ia bisa bereksplorasi. Tetapi dari sisi teknis, biarkan suami Anda yang mengerjakannya.

“Sejauh pengalaman Saya menangani orang banyak, pria tidak akan ikut campur dalam mengatur konsep kamar mandi karena merupakan kewenangan istri. Maka dari itu, mengalahlah saat suami menginginkan personalitas gayanya di kamar tidur,” ia menuturkan.

“Agar suami betah berlama-lama di kamar tidur, sediakan ruang pribadinya seperti meja kerja atau apparel untuk ia menggantung pakaian kesayangannya. Cara yang kelihatannya simpel ini justru bisa membuatnya merasa punya porsi seimbang dengan Anda,” lanjut Bintang.

Sumber: Pexels

Ruang Pengundang Selera

Bila suami Anda sangat hobi menikmati kopi di kedai ternama, ada baiknya Anda mulai mengalihkan minat itu menjadi “ngopi di rumah bareng istri”. Cara merancang coffee bar di rumah mudah, kok!

Menciptakan rumah yang bisa memancing siapapun merasa betah tidaklah sulit. Salah satunya dengan menghadirkan suara-suara alam dari area rumah.

“Taman belakang jangan dikesampingkan begitu saja. Alokasikan sedikit bujet untuk membuat kolam ikan minimalis lengkap dengan air pancuran. Jadi, ada semacam sound therapy di rumah,” tambahnya.

Selain cara-cara diatas, satu hal lain yang terpenting ialah memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Jelas, rumah yang tidak seperti ‘kapal pecah’ sedikit banyak akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

Foto utama: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.