Sukses


Inspirasi Kamar Tidur Si Kecil Ala Instagramers

Bagi Anda yang kerap bermain sosial media Instagram, nampaknya cukup familiar dengan pemilik akun @retnohening.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang kerap bermain sosial media Instagram, pasti cukup familiar dengan pemilik akun @retnohening.

Pemilik akun @retnohening sebenarnya seorang Ibu muda yang kerap memosting tumbuh kembang anaknya yang bernama Kirana yang usianya masih di bawah lima tahun. Saat ini ia tinggal di Oman bersama sang suami yang ditugaskan bekerja di sana.

Nama Kirana kian santer terdengar dan seakan menjadi viral bagi para pengguna media sosial, khususnya di Instagram, karena tingkahnya yang menggemaskan dan sangat pintar.

Retno Hening, sang ibu juga cukup rajin merekam semua kegiatan Kirana, baik saat membaca, menggambar, menari, bernyanyi, hingga berdialog bersamanya.

Celoteh Kirana juga tak ayal membuat pengikutnya (followers) terpukau atau tertawa. Tak sedikit yang berkomentar atau berbagi tautan dengan sesama rekannya. Itu sebabnya, mengapa akun @retnohening sampai tulisan ini dibuat (24/10/2016) sudah memiliki sebanyak 362.000 pengikut.

Namun, taukah Anda, nampaknya kecerdasan Kirana ditunjang dengan suasana kamar yang nyaman dan penuh warna?

Aktivitas yang dilakukan Kirana memang selalu berada di kamar, dan kebetulan area yang disediakan memang menunjang kegiatan positif bagi sang anak. Kamar milik Kirana didukung perpustakaan mini atau arena bermain minimalis. Tidak heran bila seluruh kegiatan Kirana nyaris dihabiskan di dalam kamar.

Dan kali ini, akan membedah ‘kamar pintar’ milik Kirana yang didesain menarik oleh sang ibunda, Retno Hening, seperti dilansir dari laman Rumah.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunakan tempat penyimpanan (storage) minimalis

sumber: Akun Instagram @retnohening

Tips pertama, Anda bisa menerapkan tempat penyimpanan minimalis. Tempat penyimpanan (storage) yang paling penting adalah bagaimana menyimpan semua aksesoris anak, baik mainan ataupun buku dan alat tulis.

Perlu Anda ketahui, aksesoris anak ternyata jauh lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Uniknya, mereka akan selalu ingat setiap aksesoris mainan yang dimiliki. Jadi, bila Anda tidak menyimpannya dengan rapi, sang anak mungkin akan menanyakannya terus-menerus.

Di akun @retnohening, sang ibu menerapkan kabinet berukuran sedang dengan kontainer yang mudah diangkat pasang kembali. Usahakan juga untuk memilih warna yang ceria, sehingga sangat nyaman dilihat oleh buah hati.

Ada keunggulan lain juga saat menerapkan jenis storage minimalis seperti ini, yakni space kamar akan mejadi luas, dan bisa menjadi arena bermain yang menyenangkan bagi anak.

3 dari 5 halaman

Gunakan puzzle lantai atau karpet puzzle

 

Arena gross action yang menyenangkan (akun Instagram @retnohening)

Anak yang pintar biasanya ditunjukkan dengan gerakan motorik yang banyak. Si anak akan senantiasa bergerak berlari, menari, atau menggerakan bagian tubuh seperti yang dilakukan Kirana pada gambar di atas.

Untuk itu ibu, agar bisa menunjang motorik anak, jangan lupa gunakan puzzle lantai atau karpet puzzle yang terbuat dari karet yang bisa dilepas pasang. Selain itu, puzzle lantai juga menjadi tempat menarik bagi anak karena menampilkan warna yang cerah dan ceria. Jadi anak akan aman dan nyaman saat bergerak bebas di lantai.

Tambah aksesoris seperti bantak dapat memberikan imajinasi yang baik bagi anak (sumber: akun instagram @retnohening)

4 dari 5 halaman

Jangan ragu manfaatkan dinding sebagai sarana belajar anak

Terapkan dinding cerdas bagi anak (sumber: @retnohening)

Bagi orang tua, mungkin akan risau bila anak kerap mencoret-coret tembok. Nah, sebagai solusi, Anda bisa mensiasatinya dengan menciptakan dinding yang penuh warna untuk dijadikan sebagai tempat menempel.

Anak akan merasa tertantang dengan bentuk dan warna kertas yang beragam, sehingga ini akan mendorong mereka bergerak dan berkreasi mengembangkan ingatannya.

Ajak anak untuk berimajinasi

Eksplorasi imajinasi dengan membuat tenda di kamar (sumber: akun instagram @retnohening)

Ternyata selain ranjang tidur, anak Anda juga bisa tidur dalam sebuah tenda yang disimpan di dalam kamar. Adanya tenda mendorong anak berimajinasi. Mereka bisa membuat zona nyamannya sendiri.

Bisa untuk membaca atau melakukan semua hal yang menurutnya menyenangkan. Selain itu, sang anak juga akan penasaran tentang bagaimana memasang tenda tersebut sehingga kokoh berdiri.

5 dari 5 halaman

Terakhir, ciptakan perpustakaan mini di kamar

Ayo ibu, biasakan untuk jadikan buku sahabat anak (sumber: akun @retnohening)

Kirana menyukai buku. Ya benar! Setiap video yang diunggah oleh sang ibu, Kirana terlihat sedang menikmati gambar pada buku bacaan. Meskipun belum bisa membaca, setidaknya ia sudah berani untuk bermonolog, dan mulai mencintai buku.

Jadi, coba deh untuk buat anak Anda menyukai buku. Caranya dengan mendesain perpustakaan minimalis dengan rak buku berwarna-warni. Jangan lupa untuk menyimpan sofa minimalis, karpet, dan meja minimalis yang bisa menjadi arena favorit membaca anak dan teman-temannya.

Foto: @retnohening

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini