Sukses


Granit Pun Bisa Jadi Aksen Dekorasi Rumah!

Sebetulnya Anda dapat memasang lantai bermotif mozaik ini di hampir setiap bagian rumah, seperti di kamar mandi, dapur, ruang tamu...

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak ide yang bisa dituangkan untuk membuat penampilan rumah semakin menawan. Bisa dengan menghadirkan taman indoor, menempatkan furnitur yang apik, memasang wallpaper sebagai aksen dinding, atau justru gaya arsitektur rumah itu sendiri.

Namun semua ide tersebut tidak akan menghasilkan visualisasi yang maksimal jika tidak diimbangi lantai yang tepat. Ya, lantai merupakan elemen penting dalam sebuah bangunan di samping dinding, atap, pintu maupun rangka.

Sayangnya lantai saja tidak cukup untuk membuat rumah nampak cantik. Lantai harus diberi penutup entah itu dengan keramik, granit, kayu parket, marmer, tegel atau beton. Diantara pilihan tersebut, yang familiar digunakan pada rumah-rumah masa kini adalah granit.

Disebut juga homogenous tile atau tile saja, lantai granit memiliki banyak kelebihan salah satunya tahan terhadap goresan dan punya tingkat kekuatan melebihi keramik. Komponen material penyusunnya bersifat homogen, satu kesatuan dari lapisan paling atas hingga paling bawah.

Sebagai penutup lantai, granit mempunyai karakter dan kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan keramik, karena lebih banyak menggunakan hard material pada bahan-bahannya seperti silica, feldspar, dan lain-lain.

Umumnya, corak lantai granit yang diaplikasikan bernuansa alam seperti bebatuan atau kayu. Padahal siapa sangka, granit saat ini menawarkan sejumlah motif dan ragam warna menawan.

Alhasil dengan pemasangan lantai granit bermotif rumah akan terlihat lebih mewah dan segar. Coraknya pun bisa disesuaikan dengan tema ruang yang dikehendaki.

Granit dengan motif seperti ini sangat cocok diaplikasikan pada kamar mandi ukuran terbatas.

Diwawancarai Rumah.com, Jumat (21/10), Designer Granito Tile Studio (GTS) Zachri Zelha mengungkap dua tahap dasar yang mesti dipahami sebelum mengaplikasikan lantai granit bermotif.

“Pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu konsep seperti apa yang diinginkan. Kedua, padu-padan motif/corak serta warna ubin yang tepat juga berperan besar dalam memunculkan nuansa sesuai yang diinginkan,” jelasnya.

Ketika Anda mulai memilih motif dan warna yang cocok untuk lantai rumah, jangan lupa bahwa ada kriteria tertentu yang mampu memberikan kesan berbeda.

“Agar ruangan terkesan luas, disarankan menggunakan granit bermotif dengan warna cerah dan pattern yang sederhana. Peletakannya pun perlu diperhatikan guna menghasilkan ilusi ruang yang lega. Atau bisa juga diletakan di sudut tertentu dengan pola yang teratur,” imbuhnya.

Sebaliknya, ada pula motif atau warna tertentu yang memberi kesan ruang lebih sempit.

“Contohnya granit bermotif dengan warna dominan gelap serta pattern yang cukup kompleks. Dan pola pemasangannya pun cenderung dalam satu bidang atau area,” katanya.

Contoh pemakaian lantai bermotif untuk kamar tidur anak. Pola vertikal yang ditempatkan tepat diatas kasur membuatnya seolah headboard.

Salah Corak Bikin Sempit

Senada dengan Zachri, Manager Granito Tile Studio, Kuntjoro Tjahjosarwono mengakui tak semua tile bermotif bisa diaplikasikan di mana saja. Terutama pada ruang yang luasnya sangat terbatas.

“Granit bermotif lebih tepat jika dipasang di area terbuka dan jarang ada furnitur. Seperti area foyer, teras, ruang tamu atau ruang keluarga yang cukup luas, dinding kitchen set, maupun pada dinding shower kamar mandi,” paparnya.

Namun jika masih ragu dengan lantai bermotif, Anda bisa memadukan beberapa warna secara acak atau mengkombinasikannya dalam sebuah pola yang unik. Gunakanlah imajinasi dan kreativitas Anda untuk mendapatkan hasil desain yang unik dan menarik.

Harga homogenous tile bermotif memang lebih mahal. Di pasaran, harganya berkisar antara Rp300.000 untuk ukuran 60x60cm hingga Rp3 Juta untuk ukuran 120x120cm.

Lalu bagaimana dengan perawatannya? Tidak usah khawatir, pasalnya perawatan tile bermotif pada prinsipnya sama dengan body tile. Tidak memerlukan perawatan khusus; cukup dipel seperti biasa dan disikat sesekali untuk area basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini