Sukses


Ini Trik Aman Simpan Uang Banyak di Rumah

Dalam kondisi tertentu, menyimpan uang di rumah memang menjadi jalan terbaik, terutama bagi Anda yang tinggal di lingkup pedesaan dan sulit

Liputan6.com, Jakarta Kisah penggandaan uang yang dilakukan Dimas Kanjeng Taat Pribadi terus menyisakan sejumlah fakta baru. Salah satunya ruang penyimpanan uang atau bunker yang ada di dalam rumah megahnya.

Dengan berlimpahnya uang yang disimpan, mengapa Dimas Kanjeng tidak mengamankannya di bank?

Jawabnya mudah, takut kasus penggandaan dan penipuan uang yang dilakukannya terhadap masyarakat, tercium pihak bank dan dilaporkan ke instansi berwajib. Apalagi kepolisian menduga uang yang ada di bunker tersebut sudah tercampur dengan yang palsu.

Berangkat dari cerita Dimas Kanjeng, Anda yang hingga kini masih menyimpan uang di rumah tidak sepenuhnya salah.

Dalam kondisi tertentu, menyimpan uang di rumah memang menjadi jalan terbaik, terutama bagi Anda yang tinggal di lingkup pedesaan dan sulit menjangkau perbankan. Bagi yang tinggal di kota, kemungkinannya didasari tidak adanya kartu kependudukan karena satu dan lain hal.

“Di zaman serba modern, generasi muda sudah tidak ada lagi rasanya yang menyimpan uang dalam jumlah besar di rumah. Kecuali, mata uang asing (dolar US). Alasannya, menyimpan uang asing di bank ada risiko selisih kurs jual beli dan biaya penarikan,” ujar Perencana Keuangan dari EC Consulting, Eka Setya Wibawa.

Letakkan di mana?

Menyimpan uang di rumah memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Dari sisi kelemahan, ada ancaman ‘maling’ yang mengintai kapan saja, berikut juga musibah yang tidak dapat dihindari. Misalnya banjir, kebakaran, atau longsor.

Sementara dari sisi kelebihan, mungkin Anda tidak perlu repot mencari ATM di malam hari kala membutuhkan uang tunai cepat demi biaya pengobatan. Menyimpan uang di rumah juga tidak terkena biaya admin, kan?

“Paling amannya adalah menyimpan uang di dalam brankas apabila jumlah uangnya cukup besar. Brankas selain dilengkapi fitur keamanan berupa kode, juga tahan air dan tahan api,” sambung Eka seperti dikutip Rumah.com.

Meski menempatkan uang di brankas dirasa sudah aman, namun salah penempatannya bisa berbahaya. Eka menyarankan, brankas harus diletakkan di ruang tak terduga alias bukan ruang umum seperti lemari di kamar tidur utama.

“Lebih baik ditempatkan di dapur atau loteng rumah. Sedangkan jika jumlah uangnya tak cukup banyak, mending dimasukkan ke dalam beberapa amplop dan disebarkan di tempat berbeda. Contoh, satu di belakang jam dinding dan satu lagi saku baju yang digantung,” jelasnya.

Menurut sejumlah situs, titik aman lain di rumah yang bisa digunakan untuk menyimpan uang diantaranya kotak sepatu, vas bunga, kaus kaki, pigura, dan boneka. Ingin tahu 10 Cara Rahasia Simpan Uang Agar Aman di Rumah?

“Mau di manapun pilihan Anda, yang pasti simpan uang jangan dekat ruang basah dan mudah terbakar. Namun demi masalah keamanan maksimal, saran Saya adalah tetap simpan uang di bank,” pungkasnya.

Foto utama: Pexels

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini