Sukses


Tak Perlu Mahal untuk Bikin Rumah yang Nyaman

Banyak cara untuk membuat rumah terasa lebih hangat dan nyaman tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, rumah selalu menjadi tempat tujuan terakhir setelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu rumah harus memberikan kenyamanan agar kita dapat beristirahat dengan optimal.

Seringkali kita berpikir bahwa rumah yang nyaman adalah rumah yang memiliki perabotan dan dekorasi yang mahal, padahal banyak cara untuk membuat rumah terasa lebih hangat dan nyaman tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Mau tahu caranya? Simak tips yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Lengkapi sofa dengan bantal dan selimut

Jika Anda seseorang yang senang berkreasi, beli isi bantal dan jahit sendiri sarung bantalnya dengan motif kesukaan Anda. Banyak toko perlengkapan rumah tangga yang menjual bantal dan sarungnya dengan harga yang murah.

Kemudian letakkan sebuah selimut di atas sofa dan tambahkan bantal-bantal di bagian atasnya. Trik ini akan membuat ruang keluarga menjadi tempat yang rileks dan membuat anggota keluarga serta pengunjung rumah ingin merasakan kenyamannya.

Berikan tanaman

Bunga dan tanaman segar selalu bisa membuat ruangan menjadi lebih nyaman.

Rumah yang memiliki tanaman biasanya memberikan aura yang lebih menyegarkan ketika berada di dalamnya. Banyak cara sederhana untuk menambah tanaman di rumah seperti dengan setangkai bunga segar dan meletakkannya di vas bunga di ruang tamu atau bahkan juga di dapur.

Bunga dan tanaman segar selalu bisa membuat ruangan menjadi lebih nyaman.

Foto keluarga

Rumah yang memasang foto keluarga dapat memberikan rasa nyaman yang instan. Namun pastikan bahwa Anda tidak memasang seluruh foto keluarga dengan berbagai ukuran karena justru akan membuat ruangan di rumah tampak berantakan.

Jadi cukup pasang beberapa buah foto dengan ukuran besar untuk menjadi pusat perhatian di salah satu ruangan.

Gunakan dekorasi yang memiliki memori

Ketika berkunjung ke rumah orang tua atau nenek, lihat kembali perabotan atau dekorasi di rumah tersebut, adakah yang dapat membangkitkan memori masa kecil Anda? Minta izin untuk membawa dan meletakannya di rumah, kenangan masa kecil yang hangat akan memberikan rasa nyaman.

Gantung lampu hias

Rumah tentunya akan terasa lebih nyaman dan teduh ketika lampu ini dinyalakan di malam hari.

Lampu hias yang biasa terdapat di perayaan natal, kini sering digunakan sebagai penghias di dalam rumah. Lampu ini bisa digunakan di dalam atau di luar ruangan. Rumah tentunya akan terasa lebih nyaman dan teduh ketika lampu ini dinyalakan di malam hari.

Lampu meja atau lantai

Permainan cahaya adalah cara yang paling mudah untuk merubah dinamika ruangan. Gunakan lampu-lampu tersembunyi seperti yang di letakkan di langit-langit atau bahkan di lantai rumah.

Konsep seperti ini sering digunakan oleh restoran atau kafe ternama untuk memberikan suasana yang nyaman. Penempatan lampu yang terlalu terang di atas seperti di supermarket atau di kantor justru akan membuat penghuninya menjadi tidak rileks.

Selain poin-poin di atas, apakah Anda punya cara lain untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman?

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini