Sukses


Hati-Hati, Kamar Tidur Justru Bisa Menjadi Penyebab Insomnia

Hati-hati dengan suasana kamar Anda. Salah-salah, Anda justru jadi susah tidur di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Insomnia atau sangat susah tidur—bahkan Anda terjaga semalaman—belum tentu disebabkan oleh kebiasaan Anda bekerja hingga lembur.

Meski Anda tak merasa lelah dan tertekan, Anda pun dapat mengalami susah tidur jika desain kamar tidak diatur dengan benar. Beberapa kesalahan di kamar inilah yang justru membuat Anda susah tidur. Yuk, simak penjelasan dari Rumah.com.

Hanya ada satu lampu

Yaitu lampu neon yang dipasang di tengah plafon kamar Anda. Letak saklar lampu pun jauh dari ranjang Anda, sehingga Anda harus bangun dari ranjang untuk mematikannya ketika akan tidur.

Lampu yang terlalu terang akan mengembalikan semangat Anda untuk bekerja begitu Anda memasuki lampu.

Meski tubuh Anda sudah ingin beristirahat, otak dan mata Anda akan menyesuaikan dengan kondisi terangnya, sehingga tetap aktif untuk menjalankan kegiatan lainnya.

Gunakan dua buah lampu di kamar Anda. Saat Anda memang ingin melakukan aktivitas di dalam kamar—misalnya saat tengah berbenah ruangan atau membereskan lemari—Anda memang membutuhkan lampu yang terang.

Namun, ketika Anda ingin menggunakan kamar sebagai tempat istirahat, gunakan lampu yang temaram sebagai lampu tidur.

Kamar terlalu penuh

Buku, meja kerja, tumpukan tas, hingga berbagai lemari ada di kamar Anda. Masalahnya jika terlalu banyak barang menumpuk di dalam kamar Anda, suasana kamar pun menjadi hectic dan mengundang nyamuk.

Suasana yang kurang lapang secara tak langsung mempengaruhi tidur Anda, karena Anda seakan tak dapat bernapas dengan leluasa.

Keluarkan barang yang tidak perlu ada di kamar Anda. Misalnya, meja kerja, sebaiknya ditempatkan di ruangan lain. Atau simpan tas dan buku Anda di lemari penyimpan lainnya yang masih tersisa ruangan di dalamnya.

Terlalu berisik

Bila rumah Anda berada tak jauh dari jalan raya, dan kamar Anda ada di bagian depan, biasanya Anda masih bisa mendengar suara kendaraan yang berlalu-lalang di depan rumah Anda.

Tak ada salahnya menambahkan ornamen rumah tangga yang membantu meredamkan suara dari luar. Misalnya, lapisi lantai kamar dengan karpet, atau ganti pintu rumah dengan pintu yang metarialnya lebih solid dan tebal.

Keuntungan lainnya dengan menggelar karpet di lantai kamar adalah, rasa nyaman yang Anda rasakan saat telapak kaki menginjak lembutnya permukaan karpet. Anda akan merasa lebih siap beristirahat.

Untuk menambah nyaman kamar Anda, ada baiknya Anda menambahkan pernak-pernik berikut ini.

Foto: Pixabay

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini