Sukses


4 Kegiatan Bersih Rumah Sambil Olahraga

Berikut ini adalah daftar kegiatan membersihkan rumah yang bisa dikombinasikan dengan gerakan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Seminggu ini tak sempat berolahraga? Jangan khawatir, lebih baik gunakan waktu membereskan rumah dengan maksimal.

Sambil membersihkan rumah, Anda bisa mengeksplorasi setiap gerakan tubuh, alias berolahraga. Ya, jangan dipikir kegiatan membersihkan rumah adalah kegiatan yang ringan. Kegiatan ini bisa membuat keringat Anda mengucur deras.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut ini adalah daftar kegiatan membersihkan rumah yang bisa dikombinasikan dengan gerakan olahraga.

Mengepel

Jika Anda mengepel dengan tangan, setelah Anda selesai mengepel sebagian lantai, lakukan dromedary droop. Yaitu, posisi telungkup dengan bertumpu pada lutut dan tangan, seperti Anda bermain kuda-kudaan dengan putra-putri Anda.

Dromedary droop untuk dikombinasikan dengan mengepel lantai. Sumber: Mekhonghoanhao.com

Tahan perut Anda, lalu angkat pinggul, perut, dan pinggang Anda ke atas, hingga punggung Anda berbentuk melengkung ke atas, lalu diamkan selama 8 detik dan kembali ke posisi semula.

Jika Anda mengepel dengan tongkat pel, letakkan dahulu tongkat Anda. Lalu lakukan lunges sebanyak 10-15 repetisi.

Lunge untuk membentuk tubuh bagian bawah. Sumber: paleohacks.com

Ini adalah gerakan tubuh yang di awali dengan berdiri tegak, lalu merendahkan badan dengan satu lutut kaki menempel ke tanah.

Setelah itu, Anda bisa kembali menyelesaikan aktivitas mengepel Anda. Hasilnya, otot pinggul, pinggang, perut, dan paha Anda akan lebih kencang.

Membersihkan kamar

Bagian tersulit untuk dibersihkan di dalam kamar adalah kolong ranjang dan lemari. Biasanya Anda harus mengelapnya dengan tangan. Sebelum Anda meraih kolong ranjang, lakukan sit-up sebanyak 10-15 kali.

Setelah sit-up, lakukan posisi plank, yaitu meluruskan tubuh, dan beban tubuh bertumpu pada lengan bawah serta sebagian telapak kaki.

Gerakan plank untuk memperkuat otot perut, betis, dan lengan. Sumber: stethnews.com

Tahan posisi plank selama 10-15 detik. Untuk melenturkan tubuh, lakukan cobra pose. Pada posisi tengkurap, angkat setengah badan bagian atas hingga tegak lurus, sementara pertahankan bagian pinggang ke bawah menempel di lantai. Dua tangan menjadi tumpuan.

Tahan posisi ini selama 10 detik. Sit-up dan plank akan mengencangkan perut Anda dan mencegah lemak bertumpuk di sekitar pinggang.

Mengelap jendela

Jangan hanya mengelap jendela dengan satu tangan, lakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri agar gerakannya seimbang. Lalu, lakukan posisi squat (setengah jongkok, dengan mempertahankan paha bagian atas datar lurus ke depan) selama 10 detik.

Setelah itu kembali Anda mengelap jendela, dan kembali melakukan squat selama 10 detik. Selain squat, Anda juga bisa melakukan lunges sebanyak dua kali bergantian untuk kaki kiri dan kanan.

Posisi squat dan lunges akan menguatkan paha bagian atas, kaki, dan melenturkan otot pinggang dan pinggul. Gerakan mengelap jendela bergantian juga akan menguatkan otot lengan atas dan bahu.

Menyapu

Menyapu akan menguatkan otot lengan. Agar otot lengan dan pinggang semakin lentur sehingga Anda lebih nyaman saat menyapu, lakukan downward facing dog, yaitu badan membentuk segitiga dengan bagian bokong sebagai puncaknya, wajah menghadap ke bawah.

Pertahankan agar lutut kaki serta siku tetap lurus. Kedua telapak kaki juga harus seluruhnya menempel di lantai, begitu juga dengan telapak tangan. Posisi ini juga menguatkan kaki terutama paha dan betis.

Foto utama: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini