Sukses


Mau Dapur Bebas Bau? Ini Caranya!

Tidak ada yang salah jika dapur menebar bau dari beraneka bahan makanan. Tapi jika baunya tidak sedap maka harus diatasi. Simak tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi dapur adalah sebagai tempat untuk mengolah dan memasak makanan. Dan dapur di rumah biasanya memang digunakan setiap hari guna memenuhi kebutuhan pangan para penghuninya. Jadi memang tidak ada yang salah jika sebuah dapur menebar bau dari beraneka bahan makanan.

Jika yang tercium aroma masakan yang lezat tentunya menyenangkan karena bisa menggugah selera makan. tapi bagaimana jika yang tercium justru bau yang tidak sedap? Jika memang begitu maka hal tersebut perlu segera diatasi.

Dan untuk mengusir bau yang tidak menyenangkan di dapur, gunakan cara ala Rumah.com berikut ini.

Mengelap peralatan dapur

Pel lantai dan bersihkan permukaan peralatan dapur setelah Anda selesai memasak. Gunakan kain dan cairan pembersih untuk mengelap keran, wastafel, kulkas, kompor, dispenser, dan lain-lain. Jika tidak dibersihkan secara rutin, lama-kelamaan minyak dan kotoran akan menumpuk.

Mengosongkan tempat sampah

Bau busuk dari tempat sampah dapat mendominasi dapur Anda. Oleh karena itu, buang semua sampah kering dan sampah basah setiap malam. Kemudian semprotkan cairan pembersih dan gunakan lap basah untuk menyeka kotoran yang terjebak di dalamnya.

Tidak meninggalkan piring kotor di wastafel

Meskipun Anda merasa lelah setelah memasak makan malam, jangan pernah membiarkan piring, gelas, panci, dan penggorengan kotor semalaman di wastafel atau tempat cuci piring.

Apalagi jika Anda memasak makanan berbahan dasar susu, selain menyebabkan bau, hal ini akan menarik kecoak dan semut untuk menetap di dapur Anda.

Menggunakan talenan berbeda

Talenan, terutama talenan kayu, cenderung menyerap bau, contohnya bau bawang putih dan bawang merah. Maka setelah menggunakan talenan, segera cuci dengan sabun, bilas dengan air mengalir, dan keringkan.

Selain itu, gunakan talenan berbeda ketika memotong sayuran dan daging untuk menghindari kontaminasi dan bau yang tidak sedap.

Nyalakan lilin aromaterapi

Nyalakan lilin aromaterapi di dapur setelah Anda selesai memasak. Pilih wewangian yang menyenangkan seperti vanilla dan lemon. Cara ini akan berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap di dapur sekaligus membuat Anda merasa lebih santai setelah memasak.

Hanya saja, pastikan Anda meletakkan lilin di tempat yang aman.

Mengganti tirai jendela

Pastikan dapur Anda memiliki jendela atau setidaknya ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Ini akan menjadi penyelamat Anda dari bau tidak sedap di dapur.

Jika dapur Anda menggunakan jendela dan tirai, bersihkan jendela setiap hari dan ganti tirai setiap dua minggu karena bau, minyak, dan kotoran dapat menempel di kain tirai.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini