Sukses


Ini yang Bikin Rumah Jadi Selalu Terlihat Berantakan

Rumah Anda selalu terlihat berantakan meski rajin dirapikan dan dibersihkan? Kenali penyebabnya dan ketahui cara menanganinya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun rumah Anda selalu dijaga dan dirawat agar selalu terlihat bersih dan rapi, namun itu semua akan percuma jika cara Anda menyimpan barang tetap seenaknya. Kebiasaan seperti itulah yang membuat rumah jadi terlihat selalu berantakan.

Katakan saja kebiasaan Anda menaruh barang-barang di atas meja begitu saja ketika baru sampai rumah. Karena itu, kini saatnya bagi Anda untuk mulai memberikan tempat khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Untuk itu simak juga kesalahan lain yang biasa dilakukan banyak orang dalam menyimpan barang seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Menjaga meja dapur terlalu bersih

Anda tidak perlu menyingkirkan semua barang yang ada di atas meja dapur, tinggalkan saja beberapa benda yang selalu digunakan. Misalnya, jika setiap hari Anda membuat sebuah smoothie maka tidak ada salahnya jika menaruh blender di meja dapur.

Lebih mudah menjaga permukaan meja tetap bersih dan rapi jika semua yang Anda butuhkan sudah tersedia.

Kulkas yang penuh

Jangan penuhi pintu kulkas dengan koleksi magnet, catatan pengingat, foto-foto, daftar belanja atau bahkan sebuah undangan pernikahan di dalam satu tempat tersebut. Tidak ada yang akan membaca catatan-catatan tersebut bila diletakkan begitu saja di pintu kulkas.

Lebih baik jika Anda membuat satu papan khusus di dapur yang memang didedikasikan untuk menaruh seluruh catatan ini.

Menyimpan perlengkapan dapur dengan tidak teratur

Perhatikan jika menggunakan lemari kaca atau rak terbuka di dapur, jika Anda menyusun piring-piring tersebut dengan tidak teratur maka juga akan terlihat berantakan. Solusinya, susun perlengkapan makan berdasarkan jenis atau warna.

Hal ini juga berlaku untuk lemari dapur. Anda tidak perlu menyimpan semua barang di dalam satu laci, akan lebih bijak jika Anda bisa memilah barang mana yang memang masih sering digunakan dan mana yang tidak.

Area pintu masuk yang kurang dimanfaatkan

Setelah pintu masuk biasanya terdapat area yang biasanya digunakan untuk menggantung jaket, tas, sepatu dan lain-lain di satu tempat yang sama. Padahal bagian ini akan memberikan impresi pertama kali kepada pengunjung rumah.

Solusinya, Anda dapat membuat sebuah lemari dimana anak-anak bisa menggantungkan tas atau jaket disini tanpa harus terlihat dari luar. Anda juga bisa menambahkan sebuah lemari kecil di dekat pintu untuk menyimpan alas kaki.

Belanja dahulu, bereskan kemudian

Kesalahan berikutnya adalah banyak orang yang membeli produk-produk yang dapat digunakan untuk mengorganisir barang namun malah membuat barang menjadi semakin menumpuk. Sebelum beli perabotan apa-apa, pilah dulu barang apa saja yang memang masih digunakan.

Jika sudah, selanjutnya baru Anda tentukan perabotan apa yang sebaiknya digunakan untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Terlalu banyak foto keluarga

Semua orang menyayangi keluarga mereka, namun apabila Anda menyusun semua foto keluarga mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar di sembarang tempat maka akan membuat rumah Anda terlihat berantakan.

Lebih baik jika Anda mendedikasikan satu buah dinding yang bisa dijadikan galeri foto dan susun foto keluarga hanya di tempat tersebut.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.