Sukses


7 Pilihan Pagar Hidup untuk Menyegarkan Rumah Anda

Selain membuat rumah terlihat lebih segar, pagar hidup juga punya banyak manfaat. Mengusir hewan pengganggu, misalnya.

Liputan6.com, Jakarta Daripada Anda bingung ingin menggunakan pagar seperti apa untuk rumah Anda, petimbangkan menggunakan pagar hidup.

Biayanya cenderung ekonomis, sebagai perawatan pun Anda hanya perlu memangkasnya setiap dua minggu, atau menyiramnya setiap hari serta memberikan pupuk.

Sisi positif lainnya, pagar hidup memberikan kesan segar dan lapang bagi rumah Anda.

Berikut beberapa jenis tanaman yang bisa Anda gunakan sebagai pagar hidup.

Bougenville

Tanaman ini mudah tumbuh dengan lebat. Namun, batangnya berduri, sehingga membantu Anda mencegah hewan merugikan masuk ke halaman rumah.

Bunganya pun cukup cantik. Tapi, Anda membutuhkan kawat atau batang kayu sebagai penahan batangnya, karena tanaman ini bisa menjalar sesukanya.

Markisa

Jika ingin memiliki pagar hidup yang menghasilkan buah, tak ada salahnya menanam markisa.

Pohonnya tumbuh dengan merambat, sehingga Anda hanya membutuhkan tiang-tiang sebagai penyangga.

Pohon markisa cenderung cepat rimbun dan mudah menjalar ke area lainnya.

Pucuk merah

Jika area pagar sering terpapar sinar matahari, jenis tanaman ini bisa menjadi pilihan. Saat terpapar sinar, bagian atas atau pucuk daunnya akan berwarna merah merona yang indah.

Pucuk merah pun dapat dibentuk sesuai keinginan Anda, misalnya jika ingin memiliki pagar yang rapat, tanamlah setiap pucuk merah secara berdekatan. Lalu, pangkas daunnya setiap dua minggu.

Bambu

Terutama bambu kecil yang kuning, karena tanaman ini akan terlihat rapi dan cantik jika disusun berurutan. Bambu juga memiliki batang yang kuat dan dapat hidup di dalam ruangan.

Morning glory

Anda pasti akan terpesona melihat bunga yang biru cerah. Morning glory merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang mudah hidup pada batang kayu, bata, atau kawat.

Soka

Tanaman ini berkembang seakan tak kenal musim. Setiap hari pasti akan muncul bunga barunya.

Selain daunnya rimbun dan berdekatan, bunga soka juga mengundang kupu-kupu dan lebah untuk mengisap madu sehingga mempercantik halaman rumah Anda.

Daun dolar

Biasanya tanaman ini digunakan untuk melindungi tembok agar tak cepat kusam. Namun, Anda juga harus memerhatikan akarnya agar tak merusak tembok tersebut.

Selain pagar hidup, Anda juga bisa menyimak pilihan-pilihan desain pagar modern di sini.

Foto: catchyfreebies.com

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.