Sukses


Tips Tetap Efektif Saat Bekerja di Rumah

Jika tak disiplin, bekerja di rumah justru bisa mengurangi produktivitas. Agar itu tak terjadi, simak tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat memutuskan untuk bekerja di rumah, Anda tentu antara senang sekaligus dilema. Yang membuat senang adalah Anda bisa mempunyai waktu yang fleksibel dan bisa lebih dekat dengan keluarga.

Sementara yang membuat Anda dilema adalah rumah tentunya membuat Anda lebih bisa fokus dalam bekerja karena suasana yang nyaman, namun di sisi lain Anda tak yakin bisa seproduktif bekerja di kantor karena berada di rumah tentu akan lebih banyak gangguannya.

Jadi, meskipun Anda akhirnya memutuskan bekerja di rumah, pastikan Anda menerapkan aturan yang dikutip dari Rumah.com ini agar tugas kerja Anda tetap berjalan lancar.

Tetapkan jam kerja

Meski berada di rumah tak berarti Anda bisa bekerja dengan jam yang singkat, lalu leyeh-leyeh. Tetapkan jam kerja layaknya bekerja di kantor.

Contoh, seharinya Anda tetap menjalankan 8 jam kerja, misal mulai jam 09.00-17.00. Lalu bagaimana dengan pekerjaan rumah? Lakukan di jam istirahat, misal pukul 13.00-14.00 adalah waktunya Anda menyiapkan makanan anak sekaligus waktu Anda makan siang.

Ganti waktu di jalan untuk pekerjaan rumah

Bekerja 8 jam di rumah membuat Anda tak sempat menjalankan tugas domestik? Gunakan saja waktu yang biasanya Anda gunakan untuk menempuh perjalanan ke kantor sebelumnya.

Contoh, jarak tempuh rumah dan kantor Anda adalah satu jam, sehingga setiap hari Anda berangkat pukul 08.00 pagi, dan tiba di rumah baru pukul 18.00 jika keluar kantor pada pukul 17.00.

Berarti dalam satu hari, Anda punya waktu 2 jam (plus satu jam untuk istirahat makan siang) untuk melakukan tugas rumah.

Ganti waktu yang tersita

Agar pekerjaan selesai tepat waktu dan Anda tak harus molor deadline, gantilah waktu yang terbuang.

Contoh, bila Anda menggunakan waktu satu jam dari dari keseluruhan waktu kerja karena harus menjemput anak yang mendadak sakit di sekolah, berarti Anda harus menambah waktu kerja satu jam setelah tugas Anda menjaga anak selesai—misalnya saat anak tidur.

Tentukan ruang kerja

Tak berarti Anda wajib memiliki ruang kerja pribadi, melainkan setidaknya Anda memiliki meja kerja lengkap dengan laci untuk menyimpan berkas kerja Anda.

Meja kerja berguna agar postur tubuh Anda tetap nyaman selama bekerja, sekaligus menjaga seluruh barang kebutuhan kerja Anda tak berceceran.

Agar Anda semangat selama bekerja, aturlah meja kerja senyaman mungkin, gunakan kursi yang menopang punggung Anda dan hias meja dengan bunga segar serta frame foto lucu.

Ada hari libur

Kerja di rumah juga butuh libur untuk menenangkan pikiran. Selain weekend, di tanggal merah pun Anda berhak mendapatkan libur. Jangan bahas pekerjaan selama libur, dan gunakan untuk menikmati area di luar rumah.

Sedikit tips untuk merancang meja kerja, Anda bisa mengikuti aturan feng shui seperti di sini.

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini