Sukses


Hindari Cedera, Perhatikan Postur Tubuh Saat Bersihkan Rumah

Jangan anggap remeh kegiatan bersih-bersih rumah. Salah posisi, Anda bisa mengalami cedera.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah saat membersihkan rumah, Anda malah mengalami sakit pinggang? Atau ada bagian tubuh yang keseleo ketika Anda tengah menggosok lantai kamar mandi?

Jangan dikira membersihkan rumah adalah pekerjaan ringan. Menyikat kamar mandi, memindahkan barang, bahkan mengepel sekalipun bisa menimbulkan cedera jika Anda melakukannya dengan cara yang salah.

Cedera saat melakukan pekerjaan rumah seperti di atas biasanya terjadi karena Anda ceroboh, tidak memperhatikan posisi tubuh yang tepat saat melakukannya.

Agar Anda tak mengalami cedera saat membersihkan rumah, ada baiknya Anda memperhatikan sejumlah tips dari Rumah.com berikut:

Mencuci

Bagian yang paling melelahkan adalah ketika Anda harus membilas pakaian yang sudah dicuci agar tak ada sabun yang tersisa di kainnya.

Melakukan pembilasan pakaian dengan posisi membungkuk jelas membuat area punggung menjadi pegal. Bahkan, lengan atas pun ikutan lelah.

Untuk memudahkan Anda, jangan membilas menggunakan ember yang pendek dan lebar, melainkan gunakan ember yang panjang dan agak tinggi. Gunanya agar Anda tak terlalu membungkuk saat membilas pakaian.

Membersihkan area sempit

Beberapa area yang terpencil dan susah digapai, misalnya bagian belakang rak buku yang didekatkan ke dinding, atau bagian belakang kabinet memang wajib dibersihkan agar tak berdebu.

Namun, biasanya Anda hanya memaksa menggunakan kain pel atau menggapainya dengan satu tangan sehingga membuat pundak cepat pegal. Sebaiknya majukan dahulu rak tersebut sehingga memiliki jarak yang cukup luas dengan dinding, dan Anda pun muat berada di antara rak dan dinding itu.

Menyeterika

Menyetrika di lantai sambil duduk bersila dan hanya berasalkan karpet bukan cara yang tepat. Posisi membungkuk akan membuat otot di area pinggang dan tulang belakang harus bekerja lebih keras menahan tubuh Anda di posisi itu.

Akibatnya, tak hanya memicu punggung dan pinggang Anda ngilu, tapi pundak pun ikut pegal.

Bila jumlah pakaian yang akan disetrika tak terlalu banyak, Anda bisa menyetrika sambil berdiri, dengan posisi setrika ada di meja khusus setrika. Atur posisi meja sehingga Anda tetap dapat berdiri tegak. Bila jumlah pakaian cukup banyak, Anda dapat melakukannya sambil duduk, dan gunakan kursi dengan sandaran punggung.

Mengangkat ember

Ketika Anda akan memindahkan ember yang berisi air, jangan hanya mengangkatnya dengan menarik pegangan ember dalam posisi membungkuk.

Jika bebannya sangat berat, Anda berisiko mengalami saraf terjepit pada tulang belakang. Saat mengangkat ember, Anda sebaiknya dalam posisi setengah berlutut lalu angkat ember dengan kedua tangan—posisi tangan ada di kedua sisi ember—sambil perlahan Anda berdiri kembali.

Membersihkan jendela

Gunakan tangga, pijakan, atau kursi untuk membantu Anda menggapai jendela yang letaknya paling tinggi. Jangan memaksakan diri untuk berjinjit. Terlalu lama berjinjit akan menyebabkan varises.

Jangan sekali-sekali Anda berjinjit di atas pijakan tambahan, seperti kursi atau meja. Saat berjinjit, keseimbangan tubuh akan berkurang. Jika Anda tak sanggup mempertahankan keseimbangan, Anda bisa jatuh terjengkang ke lantai. Akibatnya tentu saja fatal.

Selain mencegah cedera, Anda juga bisa mencegah sakit di rumah. Simak tipsnya di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini