Sukses


Pengantin Baru? Mau Beli Rumah? Baca Ini Dulu!

Untuk memudahkan pasangan yang baru menikah yang berniat membeli rumah dengan aman, inilah langkah-langkah yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu impian pasangan yang baru menikah, selain segera punya momongan biasanya adalah membeli rumah bersama. Dan membeli rumah bisa jadi merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup semua orang sehingga akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Oleh karena itu, penting untuk bertindak hati-hati, bersabar, dan membuat keputusan yang bijaksana. Untuk memudahkan pasangan yang baru menikah yang berniat membeli rumah dengan aman, inilah langkah-langkah yang perlu diketahui.

Mengelola keuangan dengan baik

Rencanakan pengeluaran dan tabungan bersama-sama. Hitung jumlah pendapatan, tabungan, investasi yang dimiliki, dan utang – termasuk juga utang kartu kredit. Kermudian buatlah anggaran pengeluaran bulanan, lunasi utang yang ada saat ini, dan sisihkan uang untuk dana darurat.

Jika Anda dan pasangan belum memiliki dana darurat, pertimbangkan untuk membuat hal ini menjadi prioritas utama supaya kondisi keuangan aman. Dana darurat dapat digunakan jika terjadi sesuatu hal yang tiba-tiba dan membutuhkan banyak biaya.

Menentukan luas rumah

Pastikan Anda dan pasangan membeli rumah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan agar semua anggota keluarga merasa nyaman. Contohnya, jika pasangan yang baru menikah berencana untuk memiliki satu anak saja, rumah berukuran kecil atau apartemen mungkin pas untuk keluarga Anda.

Sebaliknya, jika Anda dan pasangan berharap untuk membentuk keluarga besar, rumah yang lebih luas tentunya akan lebih nyaman daripada rumah kecil. Membeli rumah yang ukurannya kurang tepat akan memengaruhi kehidupan keluarga selama bertahun-tahun.

Melakukan riset tentang lingkungan baru

Selanjutnya, tentukan lingkungan tempat tinggal baru Anda. Apakah Anda menginginkan lingkungan yang bebas macet sehingga tidak memperpanjang perjalanan menuju ke kantor? Atau Anda menyukai lingkungan perumahan yang dekat dengan sekolah?

Tidak ada salahnya jika Anda berkenalan dengan calon tetangga dan mencari tahu informasi tentang kondisi lalu lintas dan kualitas sekolah di daerah tersebut.

Berhenti sejenak

Setiap minggu berkeliling ke beberapa area perumahan untuk mencari tempat tinggal yang tepat bagi keluarga Anda bisa saja terasa melelahkan dan membosankan. Maka hindari terjebak dalam proses pencarian rumah yang dapat membuat stres.

Cara cerdas lainnya adalah dengan melakukan pencarian secara online. Dan sebagai rekomendasi Anda bisa cari di Rumah.com, sebuah portal properti terkemuka di Indonesia yang mengulas review properti secara mendalam dan obyektif.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.