Sukses


Kurangi Pengeluaran Ini Jika Ingin Memiliki Rumah Impian

Mau cepat punya rumah? Inilah langkah-langkah yang perlu Anda terapkan untuk mengurangi pengeluaran agar bisa cepat mengumpulkan uang.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak ingin punya rumah? Semua orang pasti ingin. Masalahnya jika tak ada usaha yang dilakukan untuk mewujudkannya Anda sama saja hanya memelihara mimpi. Setidaknya cobalah dengan mulai menabung dan mencari penghasilan tambahan.

Tapi penghasilan tambahan pun tak kan berarti apa-apa jika pengeluaran Anda juga ikut bertambah. Jadi sedikit demi sedikit mulailah mengurangi beberapa pengeluaran yang berdampak besar pada kondisi keuangan Anda.

Untuk itu, inilah langkah-langkah dari Rumah.com yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi pengeluaran sehingga semakin mendekatkan Anda untuk memiliki rumah impian.

Menggunakan kendaraan umum

Tanpa Anda sadari, bepergian ke kantor setiap hari dengan menggunakan mobil pribadi merupakan salah satu bentuk pemborosan. Memang, berkendara dengan mobil sendiri terasa nyaman, tetapi Anda perlu mengeluarkan uang untuk bahan bakar, bayar tol, bayar parkir, dan perawatan rutin.

Sesekali tinggalkan mobil di rumah dan gunakan kendaraan umum. Ingatlah bahwa setiap kali Anda menggunakan kendaraan umum maka Anda tidak perlu membeli bensin, membayar tol, dan membayar parkir sehingga bisa menghemat uang jauh lebih banyak.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk berangkat atau pulang kantor bersama teman yang sama arahnya, secara bergantian Anda dan dia bisa saling memberikan tumpangan.

Berhenti membeli baju baru

Jika Anda membuka lemari dan menemukan beberapa baju baru yang menumpuk dan belum sempat dipakai, berhentilah membeli pakaian selama beberapa bulan ke depan. Sedangkan untuk baju lama yang masih bagus tetapi tidak ingin dipakai lagi, Anda bisa menjualnya secara online.

Dengan melakukan ‘diet’ belanja baju baru seperti ini secara rutin maka Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk menambah uang muka rumah. Langkah ini tentunya akan membantu mempercepat mewujudkan mimpi Anda.

Mencabut peralatan elektronik yang tidak dipakai

Apakah ada peralatan rumah tangga yang stop kontaknya tetap terpasang, tetapi Anda jarang gunakan? Misalnya microwave, coffee maker, dan oven listrik.

Segera cabut stop kontak setelah Anda selesai menggunakan semua peralatan elektronik, termasuk televisi dan mesin cuci. Peralatan elektronik yang tidak dicabut akan tetap ‘memakan’ daya listrik.

Berhenti menjadi member gym

Seberapa sering Anda berolahraga di gym? Jika Anda hanya mengunjungi gym satu kali dalam sebulan, Anda mungkin hanya membuang uang jika memperpanjang membership. Lebih baik tidak melanjutkan dulu program membership Anda dan lakukan olahraga di sekitar rumah saja seperti lari, bersepeda, atau yoga.

Foto: Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini