Sukses


Mau Punya Gym Pribadi di Rumah? Ini Caranya!

Jika niat Anda berolahraga di gym sering terhambat karena soal waktu atau mahalnya iuran keanggotaan, buat gym sendiri saja di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga di gym merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain memiliki peralatan olahraga yang lengkap sebuah pusat kebugaran biasanya juga memiliki pelatih pribadi yang dapat membantu aktivitas olahraga Anda.

Namun, seringkali niat berolahraga terhambat oleh tidak adanya waktu luang atau mahalnya iuran keanggotaan di pusat kebugaran tersebut. Sebenarnya Anda bisa membuat sebuah ruang olahraga pribadi di dalam rumah. Dengan begini, Anda tidak perlu berpergian dan bisa melakukan olahraga kapan saja.

Untuk itu simak langkah-langkah dari Rumah.com yang bisa Anda jadikan panduan untuk membuat ruang gym pribadi di rumah.

1. Tentukan ruangan di rumah

Pertama, Anda harus memutuskan ruangan mana yang akan digunakan dan didedikasikan sebagai tempat untuk berolahraga di rumah. Tidak terbatas di ruangan tertutup seperti kamar tidur, bahkan teras belakang di rumah bisa menjadi tempat yang cocok.

Jika Anda tidak memiliki ruang khusus, gandakan fungsi ruangan yang tersedia seperti ruang keluarga misalnya.

2. Perhatikan feng shui ruangan

Ketika berolahraga Anda pastinya membutuhkan energi yang besar. Jadi pastikan bahwa ruangan yang digunakan memiliki aliran udara yang baik dan mendapatkan cahaya alami dari luar jendela atau pintu.

Anda juga bisa menambah beberapa bohlam lampu LED untuk membuat ruangan lebih terang. Letakkan tanaman seperti pakis dan bamboo kecil di ruangan tersebut untuk meningkatkan kadar oksigen.

Bersihkan juga area olahraga dari benda-benda yang dapat menggangu konsentrasi ketika berolahraga seperti telepon genggam atau televisi kecuali Anda memang memasang sebuah DVD olahraga.

Terakhir, tambahkan sebuah cermin besar sehingga Anda dapat melihat gerakan ketika berolahraga. Cermin juga dapat memberikan ilusi bahwa ruangan tersebut lebih luas dari aslinya.

3. Siapkan peralatan olahraga

Anda tidak perlu membeli semua peralatan olahraga untuk membuat ruang gym di rumah menjadi efektif. Beberapa peralatan olahraga terbaik biasanya justru malah berukuran kecil dan tidak mahal. Seperti mengganti treadmill menjadi sebuah tali untuk melompat yang bagus untuk latihan cardio.

Beli juga beberapa set barbel dan juga tali khusus untuk latihan TRX. Beberapa cara lain untuk menghemat adalah membeli barang-barang tersebut dengan mencicilnya satu persatu atau membelinya di tempat barang bekas. Jika Anda memiliki rekan dengan hobi yang sama tak ada salahnya juga jika saling bertukar peralatan.

4. Simpan peralatan dengan teratur

Ketika semua peralatan olahraga sudah terkumpul, susunlah secara teratur. Jika memungkinkan dedikasikan beberapa rak di rumah untuk menyimpan peralatan olahraga. Peralatan-peralatan tersebut harus tersimpan rapi dan bebas dari debu.

5. Segera gunakan ruangan ini

Kini semua sudah siap, pastikan ruangan tersebut digunakan dengan baik. Undang beberapa teman untuk berlatih bersama dengan Anda. Sama seperti dengan pusat kebugaran di luar, sebuah ruangan gym tidak akan bermanfaat jika Anda tidak rajin menggunakannya.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini