Sukses


Tips Bersihkan Alat Dapur Tanpa sabun

Untuk membersihkan peralatan dapur agar lebih bersih dan berkilau, ternyata Anda tidak harus selalu menggunakan sabun. Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak peralatan di rumah, yang paling sering kotor sehingga harus lebih sering dibersihkan bisa jadi adalah peralatan dapur. Bagaimana tidak secara alat-alat tersebut digunakan setiap hari, dari pagi hingga malam hari, mulai dari bikin kopi sampai merebus mie.

Untuk membersihkan peralatan dapur dengan cepat, ternyata Anda tidak harus selalu menggunakan sabun. Cobalah meracik cairan pembersih sendiri yang secara efektif mampu membuat peralatan dapur jadi lebih bersih dan berkilau. Dan seperti yang dilansir dari Rumah.com, berikut caranya.

Microwave

Rendam lap dalam air hangat kemudian gunakan dengan hati-hati untuk membersihkan bagian dalam microwave. Uap hangat akan membantu melunakkan kotoran. Setelah selesai membersihkan bagian dalam microwave, campurkan setengah gelas air putih dengan tiga sendok makan air lemon.

Panaskan gelas tersebut selama 3–5 menit di dalam microwave. Kemudian diamkan dalam microwave selama 5–510 menit sebelum mengeluarkannya. Ini berguna untuk menghilangkan bau di dalam microwave.

Cangkir kopi

Apakah setiap pagi Anda selalu minum kopi dan terburu-buru saat mencuci piring sehingga noda kopi pada cangkir dan gelas tidak hilang dengan sempurna?

Gunakan sarung tangan karet ketika menggosok bagian dalam cangkir dengan cuka dan garam. Bilas cangkir dengan air hangat. Noda kopi pun menghilang.

Coffee maker

Mencuci coffee maker dengan sabun dan air setelah selesai menggunakannya adalah cara yang bagus untuk menjaga coffee maker tetap bekerja dengan baik dan menghasilkan kopi yang beraroma.

Namun sebulan sekali, seduhlah air dan satu sendok makan cuka di dalam coffee maker untuk menghilangkan sisa kotorannya. Biarkan campuran air cuka panas berada di dalam coffee maker selama satu jam. Setelah itu kosongkan coffee maker dan bilas dengan air hangat.

Lemari es

Membersihkan bagian dalam lemari es adalah hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Sekali dalam seminggu buang makanan basi yang masih disimpan dalam kulkas dan seka tumpahan makanan dengan menggunakan lap dan cairan pembersih (campuran air, cuka, dan essential oil).

Talenan

Talenan yang digunakan secara terus-menerus untuk memotong bahan makanan harus dibersihkan secara menyeluruh agar tidak menjadi tempat tinggal bakteri. Selain mencuci dengan sabun, Anda juga bisa membersihkan talenan dengan baking soda.

Caranya, basahkan spons pencuci piring kemudian taburkan baking soda secukupnya ke spons yang sudah basah. Gosok talenan dengan spons lalu bilas dengan air mengalir.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini