Sukses


Punya Rumah Kecil Tapi Mau Pelihara Anjing? Baca Ini Dulu!

Jika Anda dan keluarga merupakan penyayang binatang dan berencana untuk merawat anjing di rumah kecil Anda, inilah hal yang wajib diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Anjing merupakan hewan yang menggemaskan sekaligus bisa menjadi teman bermain bagi anak-anak. Bahkan saking dekatnya hubungan antara anjing dan manusia sampai ada istilah: anjing adalah sahabat terbaik bagi manusia.

Karena itu tidak heran bila banyak orang yang suka dan menyayangi anjing sehingga menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah.

Jika Anda dan keluarga merupakan penyayang binatang dan berencana untuk merawat anjing di rumah kecil Anda, seperti yang dikutip dari Rumah.com, inilah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan.

Semua orang di rumah setuju

Maksudnya, pastikan semua orang di rumah memiliki pendapat dan keinginan yang sama mengenai adopsi anjing. Anjing pun butuh yang namanya perhatian, jadi Anda juga perlu mengajak anak-anak untuk menyayanginya.

Di samping itu, semua anggota keluarga juga diharapkan dapat meluangkan waktu untuk merawat, memberi makan, bermain, dan mengajak anjing yang diadopsinya berjalan-jalan di luar rumah.

Pilih anjing kecil

Sebelum mengadopsi anjing dari tempat penampungan binatang, tentukan jenis anjing peliharaan yang sekiranya akan nyaman ketika tinggal di rumah Anda.

Misalnya, jika Anda tinggal di rumah yang berukuran kecil, tentu kurang bijak jika Anda memaksa untuk memiliki anjing yang berukuran besar seperti rottweiler dan great dane.

Anjing bertubuh besar pastinya membutuhkan cukup ruang untuk bergerak dan tentu saja akan lebih nyaman jika tinggal di rumah dengan halaman belakang yang luas. Bagi pemilik rumah kecil, pertimbangkanlah untuk mengadopsi anjing yang juga berukuran kecil seperti jack russell terrier dan chihuahua.

Periksa kesehatan anjing

Cek kesehatan anjing yang ingin diadopsi. Tanyakan kepada petugas di tempat penampungan hewan apakah anjing tersebut pernah sakit dan pernah divaksinasi.

Sebelum dibawa pulang ke rumah, bawa anjing tersebut ke dokter hewan karena dokter mungkin akan menyarankan vaksinasi tambahan untuk melindungi hewan peliharaan Anda.

Bersiap untuk mengatur pengeluaran baru

Anjing yang sehat dan bersih adalah anjing yang bahagia. Untuk mewujudkannya, ada banyak hal yang perlu dilakukan dan cukup menguras biaya.

Walaupun rumah Anda berukuran kecil, Anda perlu membangun atau menyediakan area tertentu di rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman bagi hewan peliharaan. Anda juga harus mengetahui biaya yang akan dikeluarkan untuk kunjungan rutin ke dokter hewan, vaksinasi, dan perawatan di salon anjing.

Selalu mengawasi

Rawatlah hewan peliharaan dengan baik dan perlakukan seperti anggota keluarga. Selain itu, jangan pernah meninggalkan anjing di dalam ataupun di luar rumah tanpa pengawasan.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.