Sukses


Cara Ini Ampuh Usir Kecoak di Rumah Anda

Untuk mencegah ataupun menyingkirkan kecoak dari rumah memang makan waktu dan butuh kesabaran. Dan berikut cara mudah untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menemukan seekor kecoak di kamar mandi, ada kemungkinan Anda akan menemukan kecoa lainnya di beberapa sudut rumah. Dan bagi yang punya trauma, suasana pun akan langsung terasa seperti teror apabila mereka juga beterbangan ke sekeliling ruangan.

Kecoak mampu berkembangbiak dengan cepat dan membangun sarang di sudut ruangan atau celah kecil. Dan jika didiamkan, lama-kelamaan kecoak akan menjadi hama yang sulit dibasmi.

Untuk mencegah ataupun menyingkirkan kecoak dari rumah memang bukan hal yang mudah– makan waktu dan butuh kesabaran–tapi bukan berarti hal yang tidak mungkin. Dan berikut adalah tips dari Rumah.com untuk mengatasi kecoak.

Menyimpan makanan di dalam wadah

Kecoak biasanya tertarik dengan makanan, jadi putus akses kecoak ke makanan yang ada di rumah Anda. Simpan semua makanan di wadah tertutup dan sapu remah-remah makanan yang terjatuh di lantai.

Membersihkan dapur setiap malam

Kebersihan dapur yang tidak terjaga dengan baik dapat mengundang kecoak untuk menetap di dalam rumah. Maka pastikan untuk membersihkan dapur secara menyeluruh setiap malam.

Mulailah dengan mengelap kompor, membersihkan wastafel, membuang sampah, hingga membersihkan tempat sampah. Jangan lupa untuk menutup celah di sekeliling pintu dapur, terutama jika dapur Anda menghadap ke halaman rumah.

Menyebarkan kamper

Kapur barus atau kamper dapat diandalkan untuk mengusir semua jenis hama, termasuk kecoak. Sebarkan beberapa butir kapur barus di lemari dan di area tertentu yang rawan kecoak, misalnya dapur dan kamar mandi. Namun, kamper tidak aman untuk manusia, sehingga sangat penting untuk menjauhkan kamper dari jangkauan anak-anak.

Membuat perangkap kecoak

Untuk menyingkirkan kecoak dari rumah, Anda bisa membuat perangkap kecoak dengan menggunakan kopi. Caranya, isi botol transparan dengan dua sendok makan bubuk kopi. Kemudian tambahkan air hingga memenuhi setengah botol. Aroma kopi akan menarik kecoak untuk masuk ke dalam botol.

Letakkan beberapa botol di area yang sering didatangi kecoak. Saat kecoak masuk ke dalam botol, kemungkinan terbesar adalah kecoak akan sulit untuk melarikan diri.

Periksa botol berisi bubuk kopi setiap hari. Jika Anda menemukan kecoak yang terjebak di dalamnya, segera buang kecoak di luar rumah. Kemudian bersihkan botol dan ganti bubuk kopi dan air untuk menciptakan perangkap baru serta mendapatkan lebih banyak kecoak.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini