Sukses


Keuntungan Menyimpan Ekstrak Vanilla di Dapur Rumah

Dibalik dua kegunaan tersebut, rupanya vanilla memiliki beragam manfaat lain yang wajib diketahui. Oleh karenanya...

Liputan6.com, Jakarta Mendengar kata 'vanilla' sebagian orang langsung menjurus pada pemberi aroma harum untuk kue atau masakan. Ada juga yang menangkap istilah vanilla sebagai jenis pewangi tubuh alias parfum.

Dibalik dua kegunaan tersebut, rupanya vanilla memiliki beragam manfaat lain yang wajib diketahui. Oleh karenanya, penting untuk selalu menyimpan ekstrak vanilla di kabinet dapur rumah minimalis Anda. Demikian seperti dinukil Rumah.com.

Pertama, pengharum ruangan. Vanilla mampu menghilangkan bau tak sedap pada suatu ruang. Tidak hanya untuk tubuh, wangi vanilla yang semerbak juga mampu mengusir bau di rumah Anda.

Caranya semprot minyak esensial vanilla pada sudut-sudut di ruang yang ingin diharumkan. Entah itu kamar mandi, ruang tidur, dapur, ruang keluarga, bahkan lemari pakaian.

Kedua, penghalau serangga. Siapa sangka wangi vanilla yang memikat tidak disukai serangga, terlebih nyamuk. Ini karena vanilla punya aroma yang kuat sama halnya dengan kulit jeruk. Bedanya, aroma vanilla lebih ampuh mengusir kecoa dan lalat yang gemar berterbangan di rumah.

Ketiga, pereda stres. Dikutip dari laman diethealthclub.com, vanilla berguna untuk meredam stres akibat padatnya pekerjaan sehari-hari maupun mengubah suasana hati yang tengah galau.

Menghirup aromanya yang sedap seketika mampu menghalau kesedihan menjadi ketenangan dan membuat seseorang lebih fokus. Bahkan faktanya, penelitian neurologis mengungkapkan bahwa ekstrak vanilla banyak digunakan dalam pengobatan depresi dan gangguan kecemasan.

fungsi vanilla untuk rumah-1

Keempat, pewangi peralatan makan. Usai menyantap masakan yang kuat akan bumbu rempah-rempah dan berminyak, pekerjaan yang cukup merepotkan adalah menghilangkan bau yang menempel pada peralatan makan. Piring, mangkok, garpu, sendok, misalnya.

Bila mencucinya dengan sabun cuci piring tidak tuntas menghilangkan baunya, maka gunakanlah ekstrak vanilla yang diteteskan ke kapas. Lalu oleskan kapas tersebut ke seluruh peralatan makan yang sudah dibersihkan.

Cara lainnya, letakkan kapas tadi di dalam laci tempat penyimpanan peralatan makan. Biarkan semalaman penuh dan lihat hasilnya keesokan hari.

Kelima, obat luka bakar. Meski tidak bisa menyembuhkan luka bakar secara menyeluruh, namun setidaknya Vanilla bisa meredakannya agar tidak terlalu parah.

Pada luka bakar ringan, ekstrak vanilla mampu menyejukkan dan memberi efek tenang pada kulit. Efek sejuk yang dihasilkan vanilla disebabkan kandungan alkohol dalam ekstrak.

Keenam, mengurangi bau cat. Ada hal yang kurang menyenangkan dari pekerjaan mengecat dinding interior rumah, yakni bau cat basah yang ditimbulkan.

Nah, untuk menghindari bau ini, sebelum mengecat sebaiknya campur satu sendok teh vanilla kedalam ember cat. Voila! Bau cat hilang, rumah pun menjadi semakin wangi.

Terakhir, menyingkirkan bau dalam kulkas. Ekstrak vanilla pun bisa dipakai untuk mengusir bau tak sedap pada kulkas Anda. Agar lebih optimal, larutkan ekstrak vanilla kedalam air bersih lalu lap sela-sela kulkas dengan kain.

Atau jika ingin lemari es selalu harum, letakkan saja beberapa kapas yang telah dicelupkan ekstrak vanilla.

Foto utama: Flickr

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.