Sukses


5 Ide Penggunaan Lantai Kayu di Teras dan Balkon

Balkon identik dengan kesan natural. Tak ada cara yang lebih tepat untuk memunculkan kesan tersebut ketimbang menggunakan lantai kayu.

Liputan6.com, Jakarta Jangan selalu terpaku dengan keramik atau marmer. Lantai kayu (parket)—meski perawatannya butuh perhatian lebih—selalu membuat penampilan salah satu bagian rumah Anda menjadi lebih natural tapi tetap nyaman.

Enaknya lagi, kadang Anda tak perlu lagi menambahkan alas duduk di atasnya seperti karpet, pasalnya lantai kayu cenderung lebih hangat. Berikut beberapa contoh mengaplikasikan lantai kayu untuk teras atau balkon sempit di rumah.

Lantai kayu lebar

Lantai parket

Lantai kayu yang berbentuk persegi panjang yang agak besar merupakan lantai kayu yang paling sering dijumpai. Agar tidak monoton, piih warna lantai yang agak gelap.

Jika Anda menyukai suasana yang maksimal dan matching, gunakan kursi kayu serta tatakan untuk meletakkan pot tanaman yang juga terbuat dari kayu. Jangan lupa menggunakan pelindung lantai kayu agar tak cepat rusak.

Lantai kayu bujur sangkar

Lantai kayu di balkon

Bosan dengan lantai kayu yang memanjang? Anda bisa menggunakan lantai kayu yang berbentuk kotak. Beberapa lantai kayu ada yang sudah dilengkapi klep di setiap pinggirannya sehingga dapat dipasang hanya dengan disambungkan setiap sisinya.

Lantai kayu yang bongkar pasang ini akan lebih mudah dibersihkan.

Gabungkan dengan keramik

Lantai kayu untuk balkon.

Gunakan lantai kayu hanya untuk area yang akan Anda gunakan untuk duduk di lantai. Sementara area lainnya yang dilengkapi kursi atau sofa tetap menggunakan lantai keramik.

Lantai kayu untuk outdoor sebaiknya tidak menopang beban yang terlalu berat agar permukaannya tak cepat lepas.

Gabungkan dengan lantai batu

Lantai kayu untuk balkon.

Ingin agar teras rumah yang berlantai kayu berdekatan dengan rumput dan tanaman? Batasi sisi-sisinya dengan batu.

Gunanya, saat Anda membersihkan lantai kayu dengan cairan pembersih dan produk pelindung kayu, rumput Anda tidak langsung terpapar atau tersiram cairan pembersih tersebut.

Lantai kayu ukuran kecil

Lantai kayu untuk balkon.

Ingin terlihat lebih natural dan berbaya pedesaan? Pilih lantai kayu persegi panjang yang tak terlalu lebar.

Jika sisi setiap lantai dibiarkan tak terlalu rapi untuk menampilkan kesan natural, selalu gunakan alas kaki untuk mencegah kaki Anda luka akibat tersandung.

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini