Sukses


Bunda, Ini Caranya Basmi Aroma Pesing di Kamar Tidur

Jika ada balita atau manula di rumah Anda, kondisi kasur atau bahkan kamar yang berbau ompol mungkin sudah menjadi hal yang wajar.

Liputan6.com, Jakarta Jika ada balita atau manula di rumah Anda, kondisi kasur atau bahkan kamar yang berbau ompol mungkin sudah menjadi hal yang wajar.

Masalahnya, urin mengandung amonia yang jika dihirup terlalu sering berisiko merusak saluran pernapasan Anda. Jika aroma urine masih tercium walau Anda sudah mencuci seprai dan membersihkan kasur, berarti kasur atau seprai belum sepenuhnya bersih.

Pasalnya, urin mudah menyerap ke kasur sehingga menimbulkan noda. Nah, lakukan langkah-langkah yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini untuk membersihkan dan menghilangkan aromanya.

Utamakan seprai

Lepaskan seprai, lalu segera cuci menggunakan air hangat agar kuman dari urine segera hilang. Rendam sebentar dengan detergen, lalu cuci menggunakan tepung kanji dan setengah gelas cuka putih untuk menghilangkan bau ompol.

Bersihkan kasur di area lain

Pindahkan kasur ke area lain dan beri alas. Tentukan lokasi ompol di kasur untuk menentukan bagian mana yang akan Anda bersihkan—bukan berarti Anda harus mencuci seluruh kasur.

Gunakan soda kue

Taburkan permukaan kasur yang terkena ompol dengan soda kue dan biarkan selama satu jam untuk menyerap sisa urin yang masih melekat pada kasur. Lalu vacuum area yang sudah Anda taburkan soda kue tersebut.

Tambahkan detergen untuk menghilangkan aroma amonia

Semprotkan area yang ternoda dengan air yang sudah ditambahkan detergen lalu diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, tekan-tekan dengan handuk kering untuk menyerap airnya.

Ulangi pemberian soda kue

Taburkan kembali soda kue di area tersebut, dan vaccum kembali untuk mengeringkan sekaligus menyerap sisa soda kue. Lalu keringkan area yang basah dengan hair dryer untuk mencegah timbulnya jamur.

Jemur

Akan lebih baik jika Anda juga membiarkan kasur menjadi kering secara alami agar tak ada spora atau jamur yang tumbuh di area bekas ompol. Jemur selama beberapa jam hingga kasur menjadi kering dan hangat.

Tambahkan penyerap bau

Anda boleh meletakkan beberapa kapur barus untuk ruangan di area bawah ranjang untuk melenyapkan bau ompol yang mungkin masih melekat di dalam kamar, atau letakkan produk penyerap bau di sudut kamar.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini