Sukses


Cara Cerdik Hemat Biaya: Manfaatkan Air Hujan!

Indonesia merupakan negara yang memiliki kemungkinkan musim hujan dengan rentan waktu yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan negara yang memiliki siklus musim penghujan dengan rentan waktu yang panjang. Bahkan pada musim pancaroba sekalipun seperti di bulan Juli – September, curah hujan yang terjadi tergolong tinggi hingga menyebabkan sebagian wilayah tergenang air.

Namun, tahukah Anda jika air hujan sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia? Dari air hujan, tanah-tanah yang kering akan kembali subur dan tumbuhan yang layu akan kembali merekah dan siap berproduksi kembali.

Berikut ini lima manfaat air hujan untuk kehidupan manusia, seperti dilansir dari laman Rumah.com:

1. Padat manfaat

Dengan menggunakan alat filtrasi air (saringan air bersih), sumber air hujan bisa digunakan sebagai air minum, air untuk mencuci, dan lain sebagainya.

2. Mengurangi tagihan listrik

Air hujan yang menggunakan filtrasi ternyata bisa lebih hemat dibandingkan memompa air tanah menggunakan pompa listrik, hususnya bagi industri bisnis rumah ktangga yang kerap membutuhkan air lebih banyak. Adanya air hujan yang difiltrasi juga bisa menjaga sumber air tanah di sekitar rumah tinggal.

3. Membantu irigasi

Air hujan bebas dari banyak bahan kimia dibanding air tanah. Karena itu air hujan sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber irigasi dan untuk menyiram kebun atau taman.

Bahkan air yang sudah ditampung juga bisa menjadi sumber cadangan air bagi daerah yang rentan dengan kebakaran hutan.

4. Mengurangi permintaan air

Meningkatnya populasi tentu bisa menjadi ancaman bagi ketersediaan air tanah karena permintaan air yang terus meningkat. Hal ini pula yang menyebabkan banyak perumahan dan industri yang mengekstraksi air tanah untuk memenuhi tuntutan mereka sehari-hari.

Hal tersebut menyebabkan makin menipisnya persediaan air tanah hingga ke tingkat yang rendah, di mana dahulu daerah yang dikenal terdapat mata air lalu lambat laun menjadi daerah dengan cadangan air tanah yang rendah. Hal ini jelas memprihatinkan.

5. Mengurangi Banjir dan Erosi Tanah

Selama musim hujan, air hujan yang dikumpulkan dalam tangki penyimpanan yang besar dapat membantu mengurangi ancaman banjir di beberapa daerah berdataran rendah. Bencana alam lain yang bisa diminimalisasi adalah erosi tanah yang bisa membahayakan nyawa Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.