Sukses


PropertyGuru Tembus Vietnam, Jadikan Pasar Inti Ke-5

Perusahaan ini memiliki listing properti terbanyak (lebih dari 1,9 juta listing properti pada tahun 2015), jumlah agen tertinggi di pasar

Liputan6.com, Jakarta Induk usaha Rumah.com, PropertyGuru Group, kemarin (4/10) mengumumkan bahwa kelompok properti online terkemuka di Asia tersebut telah menempatkan investasi strategis di Batdongsan.com.vn (Batdongsan) situs properti nomor satu di Vietnam.

Investasi ini akan memberi PropertyGuru dua kursi pada posisi Dewan Direksi dan menjadikan PropertyGuru sebagai pemegang saham utama dari Batdongsan.

Sementara itu, Pendiri dan Managing Director Batdongsan, Lê Xuân Trường, akan terus menjalankan bisnis dan tetap memiliki jumlah saham yang sangat signifikan di Batdongsan.

Batdongsan sendiri telah digunakan oleh lebih dari 2 juta orang di Vietnam setiap bulan -dengan empat kali lebih besar kunjungan tiap bulan dari pesaing terdekatnya.

Perusahaan ini memiliki listing properti terbanyak (lebih dari 1,9 juta listing properti pada tahun 2015), jumlah agen tertinggi di pasar dengan lebih dari 80.000 agen pada 2016, dan mempekerjakan sekitar 500 staf di tujuh kantor di seluruh Vietnam.

Investasi ini juga akan memajukan PropertyGuru dalam persaingan portal properti se-Asia Tenggara dan menambah core market lain dalam portofolio sebagai portal properti terdepan di kawasan ini.

“Portal properti kami telah menjadi pilihan No.1 di Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia, dan kami sudah melakukan pencarian dalam beberapa bulan terakhir untuk menambah pasar inti kelima dalam portofolio portal kami,” papar Jani Rautiainen, Direktur Eksekutif dan Co-Founder PropertyGuru Group kepada Rumah.com.

“Mengingat telah terjalinnya hubungan positif antara kami dengan Batdongsan dan berbagai hal menarik tentang pasar Vietnam, maka kami memilih untuk memperdalam kemitraan saat ini dengan Batdongsan dan menambahkan Vietnam sebagai pasar inti kelima PropertyGuru,” ia menambahkan.

“Kami sangat senang akan investasi ini, karena mampu meningkatkan posisi PropertyGuru di salah satu negara yang paling cepat berkembang dan terbesar di Asia Tenggara.”

Internet Berkembang Pesat

Pada semester pertama 2016, PDB Vietnam tumbuh sebesar 5,5% dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga 6,0-6,5% di 2016-2020. Di Kota Ho Chi Minh, PDB tumbuh lebih cepat sebesar 7,5% pada semester pertama 2016.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat adalah hasil dari demografi yang menguntungkan (sekitar 70% dari 94 juta penduduknya berusia di bawah 35), urbanisasi yang konsisten, berkembangnya industrialisasi, dan meningkatnya pekerjaan di bidang sektor jasa dan kelas menengah.

Dari titik pandang lanskap digital, Vietnam adalah salah satu pasar internet yang paling cepat berkembang di dunia; pengguna internet diharapkan tumbuh sekitar ~50 juta pada tahun 2016 hingga ~82 juta di tahun 2020.

Penetrasi pengguna internet aktif ~50%, sementara penetrasi pengguna media sosial aktif dan pengguna mobile social masing-masing adalah ~37% dan 31% (per 2016 Jan).

Vietnam juga merupakan salah satu pasar smartphone terpadat di Asia Tenggara, dengan pengguna smartphone di pasar diperkirakan mencapai 24,6 juta di akhir 2016 dan koneksi seluler di ~152% (vs populasi, pada 2016 Jan).

“PropertyGuru dan Batdongsan telah menjadi mitra dekat selama tiga tahun terakhir, dan kami telah bekerjasama di berbagai bidang, termasuk website linking, mengadakan seminar bersama, menjual layanan masing-masing dan berkolaborasi dalam event tahunan PropertyGuru, seperti Vietnam Property Congress and Awards,” ujar Jani.

“Dengan strategi investasi terbaru dalam bisnis ini, kami akan terus membangun dan memperkuat kemitraan, dan mempercepat pertumbuhan Batdongsan di tahun-tahun mendatang,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntungan bagi konsumen PropertyGuru Group

Dengan investasi ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi lebih dalam untuk berbagi pengetahuan pasar dan praktek industri terbaik serta meningkatkan kolaborasi di seluruh penjualan, pemasaran, dan inovasi produk.

Konsumen di pasar PropertyGuru akan mendapatkan keuntungan dari visibilitas yang lebih besar ke dalam properti Vietnam dan peluang investasi yang potensial, sementara konsumen di Vietnam akan mendapatkan keuntungan dari tambahan konten properti, listing, dan layanan baru untuk memudahkan pencarian properti mereka.

Tak luput, agen dan pengembang di Vietnam pun akan mendapat akses ke produk dan layanan PropertyGuru.

Kiri ke kanan; CEO PropertyGuru Grup, Hari Krishnan; Vice Chairman & Co-Founder PropertyGuru Group, Steve Melhuish; Founder and Managing General Director of Batdongsan.com.vn, Lê Xuân Trường; Deputy General Director of Batdongsan.com.vn, Nguyễn Quốc Anh; Executive Director & Co-Founder PropertyGuru Group, Jani Rautiainen.

Pendiri dan Managing Director Batdongsan, Lê Xuân Trường mengatakan, “Setelah melayani pasar Vietnam selama 10 tahun terakhir, kami merasa bahwa sekarang saatnya untuk membawa perusahaan ke tingkat berikutnya.”

“Kami telah memiliki hubungan dan kemitraan yang baik dengan PropertyGuru selama bertahun-tahun, dan kami sangat senang memperdalam hubungan kami termasuk saling mendukung pertumbuhan serta ambisi jangka panjang,” jelas Trường.

“Dukungan dan kapitalisasi PropertyGuru, termasuk akses ke teknologi baru dan inovasi industri, akan memungkinkan kami untuk tumbuh menjadi pemain utama di wilayah ini. Dengan kerjasama ini, kami sekarang lebih dekat untuk mewujudkan misi kami dalam memenuhi semua tuntutan real estate di Vietnam, dengan efisiensi yang lebih tinggi,” ia menyimpulkan.

“Saya juga senang bahwa para pencari properti di Vietnam sekarang akan mendapatkan keuntungan dari layanan konten properti dan tambahan berita, yang turut berimbas pada pencarian rumah impian mereka yang lebih mudah,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini