Sukses


Bukan Hanya Nikmat, Kopi Punya Beragam Manfaat

Kebanyakan orang menyukai kopi, entah karena aromanya, rasanya, atau manfaatnya. Dan berikut adalah kegunaan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang menyukai kopi, entah karena aromanya, rasanya, atau manfaatnya seperti yang memiliki efek stimulan, menambah energi dan lain sebagainya. Mungkin Anda juga termasuk salah seorang pecinta kopi?

Rata-rata orang Indonesia umumnya minum kopi dua cangkir setiap harinya. Tapi selain untuk diminum ternyata Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berbagai tujuan loh! Dan berikut adalah tips dari Rumah.com tentang beberapa kegunaan dari bubuk kopi yang bisa dimanfaatkan untuk rumah Anda.

Pengharum lemari dan mobil

Kopi dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau tidak sedap di dalam lemari. Caranya, giling biji kopi hingga menjadi bubuk kopi halus kemudian masukkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam kantung kain.

Gantungkan kain berisi bubuk kopi di dalam lemari selama satu atau dua hari hingga bau apak menghilang. Anda juga bisa menggantungkan kain berisi bubuk kopi di dalam mobil untuk menjaga mobil selalu berbau segar.

Menyingkirkan bau dari tangan

Anda senang memasak setiap hari. tetapi tidak menyukai bau bawang putih dan ikan yang tertinggal di telapak tangan? Singkirkan bau bawang putih dan ikan dengan menggunakan kopi.

Letakkan satu stoples bubuk kopi di dekat wastafel. Setelah mencincang bawang putih dan membersihkan ikan, gosok tangan Anda menggunakan bubuk kopi.

Untuk mencuci piring

Setiap selesai memasak, Anda pasti kerepotan dengan setumpuk piring, penggorengan, dan panci kotor. Kadang-kadang, mencuci piring membutuhkan waktu lama karena banyak sisa makanan dan minyak yang menempel di peralatan masak.

Selain menggunakan sabun cuci piring, manfaatkan juga bubuk kopi untuk menghilangkan minyak pada penggorengan.

Sebarkan satu sendok teh bubuk kopi pada wajan, kemudian diamkan selama lima menit. Setelah itu gosok penggorengan menggunakan spons agar minyak dan sisa makanan menghilang, lalu bilas dengan air.

Menyuburkan tanaman

Anda juga suka berkebun dan senang menghiasi rumah dengan bunga-bunga? Manfaatkan kopi untuk menyuburkan tanaman, salah satunya pohon bunga mawar dan hydrangea. Gunakan sekop untuk mengaduk kopi dengan tanah.

Kopi akan membantu meningkatkan keasaman tanah, menyerap aluminium, dan menciptakan warna daun yang lebih pekat serta bunga yang lebih mekar. Lakukan hal ini sebulan sekali.

Mengusir serangga

Anda melihat sekelompok semut di sekitar tanaman kesayangan Anda? Taburkan bubuk kopi di sekeliling pot untuk mencegah semut terlalu dekat dengan tanaman. Anda juga bisa menaburi bubuk kopi di depan pintu agar serangga tidak masuk ke dalam rumah.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini