Sukses


4 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Roof Garden Anda

Jangan bayangkan roof gardennya akan heboh layaknya roof garden di hotel mewah.

Liputan6.com, Jakarta Akibat keterbatasan lahan, Anda terpaksa merelakan halaman rumah digunakan sebagai carport atau tambahan ruangan rumah. Solusinya, taman pun dipindahkan ke atap, alias roof garden.

Jangan bayangkan roof gardennya akan heboh layaknya roof garden di hotel mewah. Roof garden kecil asalkan asri dan sejuk tentunya tetap memberikan kenyamanan. Agar rencana Anda berjalan lancar, pilihlah tanaman yang cocok untuk taman tersebut.

Tahan sinar matahari

Tentunya Anda harus berpikir ulang jika ingin menanam anggrek di atap rumah. Pasalnya anggrek sebaiknya tidak terpapar sinar matahari langsung.

Sedangkan tanaman yang pas untuk roof garden adalah tanaman yang ‘mencintai’ sinar matahari atau justru semakin cantik jika terpapar sinar matahari. Misalnya, palem, sikas, bougenville, dan pucuk merah.

Tanaman berbatang langsing

Maksudnya bukan tanaman yang batang dan akarnya akan menjadi semakin membesar sehingga merusak atap dan dinding rumah Anda.

Pilih tanaman berbatang langsing seperti kamboja, cemara udang, jeruk, kembang sepatu, serta belimbing.

Perhatikan kondisi tanaman setiap bulannya. Meski batangnya tak besar tapi jika dibiarkan tumbuh lebat, akar dan batangnya tetap berpotensi merusak atap.

Tanaman berbatang lunak

Jenis tanaman ini tidak akan merusak atap rumah Anda dan biasanya pertumbuhannya pun agak lambat. Misalnya, pandan, lidah mertua, lili paris, jade plant, dan kucai mini.

Namun pastikan Anda memberikan air sesuai dengan kebutuhannya. Pasalnya semakin sering terpapar sinar matahari, tanah sebagai media tanamnya akan cepat kering dan mineral yang ada di dalamnya pun akan cepat terserap.

Akibatnya tanaman pun membutuhkan air dan pupuk lebih banyak dibandingkan tanaman yang ada di halaman biasa.

Tanaman bunga

Mayoritas tanaman bunga membutuhkan sinar matahari untuk membuatnya lebih subur. Coba saja Anda tanam kamboja Jepang, euphorbia, dan petunia di atas rumah Anda.

Warna helai bunganya akan lebih menyala saat terpapar sinar matahari. Bahkan, ada beberapa jenis kaktus seperti zygocactus yang akan cepat berbunga jika Anda tanam di atap rumah.

Foto: Insideout.com.au

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.