Sukses


Baju Terkena Noda Cat Tembok? Ini Solusinya!

Noda cat termasuk jenis noda yang susah-susah gampang dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta Niatnya, sih, Anda ingin mengecat sendiri dinding rumah Anda. Selain Anda bebas berkreasi dan lebih puas dengan hasilnya, mengecat sendiri juga menghemat biaya. Tapi, Anda pun kadang harus rela baju terkena noda cat.

Noda cat termasuk jenis noda yang susah-susah gampang dibersihkan. Namun, jika Anda mengikuti cara-cara yang dilansir Rumah.com berikut ini, noda tersebut bisa diatasi dengan baik.

Pertama, Jika nodanya masih basah, segera basahi dengan air yang mengalir. Lalu sikat bagian yang ternoda dengan sikat gigi bekas yang lembut.

Sebisa mungkin jangan menyikatnya terlalu keras karena akan merusak serat pakaian. Tambahkan detergen cair ke bagian yang ternoda lalu kembali disikat hingga bersih.

Kedua, Jika nodanya sudah mengering, kikis noda dengan pisau yang sudah tumpul agar tidak merusak kainnya. Ambil kain lalu basahi dengan cairan thinner.

Setelah itu tekan dan tepuk-tepuk bagian yang ternoda dengan kain itu lalu rendam dengan air dingin dan bilas hingga bersih.

Ulangi cara ini hingga nodanya berkurang. Bila tak ada thinner, Anda bisa menggunakan pembersih cat kuku (aseton) atau alkohol. Setelah itu cuci pakaian dengan detergen dan jemur.

Ketiga, bila noda keringnya tak juga hilang, bilas dengan air hangat, lalu tambahkan detergen ke bagian yang ternoda.

Gosok area yang bernoda dengan spons lembut yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Setelah itu bilaslah pakaian dan cuci kembali dengan tangan atau mesin.

Keempat, ulangi cara ini jika noda belum juga berkurang. Setelah itu Anda dapat mengulang pemberian aseton atau alkohol ke area yang bernoda, gosok dengan lembut, bilas kembali dengan air hangat lalu jemur di bawah sinar matahari.

Jika Anda menggunakan thinner untuk membersihkan noda cat, biasanya noda memang akan lebih cepat hilang. Namun, aroma thinner kadang masih menempel di pakaian Anda, dan aroma ini berisiko mengganggu saluran pernapasan.

Segera rendam pakaian dengan air dingin dan detergen lalu cuci kembali dengan tangan atau mesin jika masih beraroma thinner.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini