Sukses


Beda Cara Bersihkan Oven, Microwave, dan kompor

Ketiga peralatan masak yakni oven, microwave, dan kompor kerap dipandang sama dalam cara membersihkannya. Padahal berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Ketiga peralatan masak yakni oven, microwave, dan kompor kerap dipandang sama dalam cara membersihkannya, sehingga Anda pun menetapkan cara yang sama untuk membersihkannya. Padahal microwave dan oven berbeda.

Masing-masing memiliki fungsi yang beda, sehingga kotoran yang menempel di bagian dalamnya pun beda, jadi Anda tak bisa menyamakan cara membersihkannya. Simak trik seperti dikutip dari Rumah.com berikut.

Cara membersihkan microwave:

1. Lepaskan piring putar yang ada di dalam microwave dengan mengikuti petunjuk pelepasannya yang tertera dalam buku manualnya. Cuci piring putar dengan sabun pencuci piring dan keringkan.

2. Masukkan satu buah lemon yang sudah dibelah dua ke dalam microwave tanpa piring putar.

Nyalakan microwave tak lebih dari 1-3 menit hingga uap dari lemon menyebar ke seluruh bagian dalam microwave. Cairan lemon ini akan membantu menghilangkan lemak dan sisa makanan gosong yang menempel.

Keuntungan lainnya, air lemon akan membuat microwave menjadi beraroma segar.

3.  Keringkan bagian dalam microwave dengan kain kering. Lalu masukkan kembali piring putar yang sudah Anda cuci.

4. Bersihkan bagian luar microwave dengan spons lembut agar noda dan minyak di sekelilingnya hilang.

Cara Membersihkan Oven:

1. Keluarkan rak berangka di dalam oven lalu rendam di dalam air sabun di dalam baskom.

2. Semprotkan dinding dan bagian dalam oven dengan air yang dicampur sedikit sabun pencuci piring, lalu lap dengan kain bersih atau spons.

Jika banyak noda makanan yang menempel di bagian dalam oven, Anda bisa menggosoknya menggunakan spons atau kain basah. Agar bagian dalamnya cepat kering, biarkan oven dalam keadaan terbuka.

3. Masukkan kembali rak oven yang sudah dibersihkan.

Cara Membersihkan Kompor:

1. Singkirkan kotoran bekas makanan yang menempel pada permukaan kompor.

2. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaannya lalu seka dengan spons kering atau lap hingga seluruh nodanya hilang.

Anda tak perlu membilasnya lagi dengan air.

3. Jangan membersihkan tungku api dengan kain basah, gunakan saja sikat gigi bekas yang kering untuk membersihkan sela-sela tungku.

Jika tungku dalam keadaan lembap atau basah, akan membuat api susah menyala.

Foto: Pixabay

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini