Sukses


Cara Ini Bikin Anda Hemat Penggunaan Air

Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat krusial bagi semua orang, saat ini dan di masa yang akan datang. Jadi, mulailah berhemat!

Liputan6.com, Jakarta Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat krusial bagi semua orang. Anda, kita semua, memerlukan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan lain-lain. Tentu saja air bersih begitu berharga nilainya. Untuk itu penting bagi kita untuk memerhatikan ketersediaannya.

Kebiasaan penggunaan air di rumah tentunya akan memengaruhi ketersediaan air bersih di masa depan. Jadi ada baiknya jika kita semua mulai berhemat. Dan dengan menghemat air berarti Anda juga sekaligus menghemat energi.

Dan supaya penggunaan air di rumah Anda jadi lebih hemat, simak tips dari Rumah.com berikut ini:

Saat mencuci piring

Jika Anda mencuci piring dengan tangan, hindari membuka keran secara terus-menerus.

Agar hemat, gunakan sabun cair, spons, dan sikat untuk mencuci piring, sendok, gelas, penggorengan, serta panci kotor. Setelah semua peralatan makan dan perkakas dapur ‘diselimuti’ sabun, baru buka keran dan bilas dengan air yang mengalir.

Saat menggunakan keran air di wastafel

Matikan keran ketika Anda sedang menyikat gigi dan menyabuni tangan. Nyalakan keran hanya ketika Anda berkumur dan membasuh tangan saja. Jika Anda menemukan keran yang bocor di rumah, cobalah perbaiki sendiri ataupun segera mencari bantuan tukang.

Sebuah keran yang bocor mengeluarkan 60 tetes air tiap menit dan lama-kelamaan dapat membuang sekitar 720 liter air per bulan. Selanjutnya cegah kebocoran keran air dengan tidak memutar terlalu keras saat membuka dan menutup keran.

Saat menggunakan shower

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk mandi dengan menggunakan shower setiap pagi dan sore hari? Tahukah Anda, mengurangi waktu mandi yang semula 10 menit menjadi 5 menit dapat menghemat sekitar 47 liter air perbulannya.

Saat menggunakan mesin cuci

Mesin cuci merupakan peralatan rumah tangga yang boros air. Jangan biarkan air terbuang sia-sia hanya untuk mencuci dua potong pakaian di mesin cuci. Oleh karena itu, gunakan mesin cuci ketika Anda ingin mencuci pakaian dalam jumlah banyak.

Saat menyiram tanaman

Apakah Anda menggunakan baskom untuk mencuci sayuran dan buah-buahan? Gunakan air bekas mencuci sayuran dan buah-buahan tersebut untuk menyiram tanaman hias. Selain itu, sesekali tampunglah air hujan dalam ember untuk menyiram pepohonan di halaman.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini