Sukses


Contek Sketsa Rumah Dua Lantai untuk Lahan Trapesium

Peletakkan ruang tamu dan ruang keluarga dibuat menyatu tanpa sekat layaknya rumah masa kini. Sebagai pembeda, interior kedua ruang tersebut

Liputan6.com, Jakarta Membangun rumah di lahan berbentuk kotak maupun persegi panjang merupakan pekerjaan yang relatif mudah. Berbeda cerita jika lahan yang dimiliki punya bentuk tak biasa seperti trapesium.

Ini bisa dikatakan sebuah tantangan berat, terlebih bila ukuran tanah tidak cukup luas. Namun dengan sedikit keahlian dan kreativitas masalah tersebut tentu bisa diatasi.

Bagi Anda yang mengalami hal demikian, Rumah.com menukil dari buku 21 Desain Rumah Tropis Modern contoh sketsa rumah di lahan trapesium seluas 72m2.

 Rumah dua lantai di lahan trapesium terdiri atas 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, serta carport yang mampu menampung dua mobil berbaris.

Letak rumah diasumsikan berada di posisi hook, sehingga membuat pemilik rumah akan lebih leluasa memandang ke segala arah.

Oleh karena itu, bagian sisi rumah dimanfaatkan sebagai teras. Rumah didesain memiliki tiga buah teras; dua di depan dan satu teras di belakang.

Teras depan di lantai satu dan lantai dua dirancang untuk memberi kesan terbuka. Sementara teras di bagian belakang diletakkan di samping taman.

Teras di belakang berfungsi sebagai area peralihan dari taman ke ruang dalam sekaligus ruang jemur pakaian.

Penempatan teras di sisi luar dan dalam bangunan mampu membuat ruang lain di sekelilingnya mendapatkan udara segar.

Penempatan ruang tamu dan ruang keluarga dibuat menyatu tanpa sekat layaknya rumah masa kini. Sebagai pembeda, interior kedua ruang tersebut ditata dengan konsep berbeda.

Ukuran ruang tamu sengaja dirancang mungil, dengan pertimbangan pemilik rumah jarang menerima tamu. Tepat di atas ruang tamu terdapat void sehingga membuat ruang terkesan lapang.

Berbeda dengan ruang tamu, ruang keluarga dibuat lebih lega pasalnya area ini selalu dimanfaatkan anggota keluarga untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Ruang makan dan dapur pun didesain seumpama ruang keluarga dan ruang tamu. Melebur tanpa pembatas guna memaksimalkan lahan yang ada.

Dapur memang dirancang dengan luas yang optimal, agar memudahkan aktivitas dan gerak penghuni saat memasak di sana.

Sementara ruang makan berada di samping taman, memberi kesan natural dan santai sekaligus mendapatkan udara segar.

Foto utama: Rumah.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.