Sukses


Pintu Depan Rumah Berdasarkan Tips Feng Shui

Pintu depan atau pintu utama sebuah rumah adalah salah satu elemen penting dalam ilmu fengshui. Dan berikut adalah tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Pintu depan atau pintu utama sebuah rumah adalah salah satu elemen penting dalam ilmu fengshui. Tidak hanya bagi tempat tinggal saja tetapi juga pintu depan ruang usaha atau tempat kerja Anda.

Energi baik yang mengalir ke dalam rumah dalam dunia feng shui biasa disebut dengan istilah Chi. Semakin kuat, sehat, dan seimbang sebuah pintu depan maka akan semakin baik pula kualitas energi bagi orang-orang yang menempati rumah tersebut.

Ingin tahu tips tentang bagaimana cara menguatkan energi baik pada pintu depan rumah Anda? Simak penjabarannya seperti yang dilansir dari Rumah.com berikut ini :

Tidak ada yang menghalangi aliran energi

Pastikan area depan pintu rumah bersih dari hal-hal yang dapat mengganggu aliran energi untuk masuk ke dalam rumah seperti tempat sampah, pot yang sudah pecah, tanaman yang sudah mati dan juga barang-barang lain yang bersifat seperti sebuah rongsokan.

Jaga area tersebut agar selalu bersih, rapi, dan juga dapat membawa udara segar. Untuk itu, Anda bisa menaruh beberapa tanaman dan bunga segar di area tersebut.

Kondisi fisik pintu yang terawat

Periksa kondisi fisik pintu rumah dengan membukanya lebar-lebar. Apakah ada bunyi-bunyian di sekitar engselnya? Periksa juga kondisi kayu dan cat pintu, perbaiki bila ada yang mengelupas. Singkirkan juga berbagai hiasan di pintu yang sudah menempel lama.

Merawat pintu depan rumah dengan baik akan membawa energi yang baik juga ke dalam rumah.

Warnai pintu depan rumah dengan elemen Feng Shui

Kemana arah angin pintu depan rumah adalah sangat penting dalam dunia fengshui. Agar dapat mengalirkan energi terbaik, pilih warna feng shui yang berkesinambungan dengan elemen dari arah tersebut.

Misal, bila pintu rumah menghadap ke timur maka warna terbaik untuk yang digunakan adalah warna hijau, coklat, biru dan hitam. Pilihan warna terburuk adalah merah, ungu dan jingga.

Memiliki proporsi yang baik dengan bangunan rumah

Pintu depan yang kuat biasanya memiliki proporsi penempatan yang baik dengan keseluruhan bangunan rumah. Poin ini sering terlupakan ketika melakukan renovasi pada rumah.

Sesuaikan ukuran pintu dengan renovasi yang Anda lakukan. Akan terlihat aneh bukan jika sebuah rumah memiliki pintu terlalu kecil atau bahkan terlalu besar?

Keseimbangan dan keselarasan

Ilmu feng shui adalah ilmu yang membahas keseimbangan dan keselarasan dalam kehidupan. Periksa kembali keadaan bagian depan rumah – setelah Anda memasuki pintu – karena bagian ini yang akan menyerap Chi pertama kali.

Pastikan area ini memiliki sirkulasi udara yang baik, dan ada baiknya jika Anda tambahkan elemen seperti karpet. Jika Anda ingin menambahkan kaca di area ini, pastikan tidak menghadap langsung ke pintu karena akan memantulkan energi baik keluar dari rumah.

Foto Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.