Sukses


Hemat Energi, Hemat Tagihan Listrik

Alih-alih peduli lingkungan, menerapkan pola hidup hemat energi tentunya juga dapat membantu Anda untuk menekan penggunaan listrik di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Alih-alih peduli lingkungan, menerapkan pola hidup hemat energi tentunya juga dapat membantu Anda untuk menekan penggunaan listrik di rumah. Dan hal ini tentu saja cara yang bagus untuk menghemat uang, kan?!

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi, tetapi dari mana Anda bisa memulainya? Dengan sedikit perubahan gaya hidup -yang bisa Anda mulai dari rumah- tentunya juga dapat membuat tagihan listrik Anda tidak membengkak. Dan seperti yang dilansir oleh Rumah.com berikut adalah caranya.

Kenakan pakaian yang tepat

Maksudnya, gunakan pakaian sesuai cuaca. Saat cuaca panas, memakai pakaian bertumpuk adalah ide yang buruk karena membuat Anda ingin menyalakan AC terus-menerus. Lain soal jika turun hujan sepanjang hari.

Selanjutnya, juga jangan mudah tergoda untuk menggunakan pemanas air setiap akan mandi.

Menggunakan lemari es secara efisien

Lemari es yang memang selalu menyala merupakan salah satu peralatan rumahtangga yang paling berkontribusi terhadap pengunaan listrik di rumah. Dan agar tidak semakin boros energi, pastikan pintu lemari es selalu tertutup rapat sehingga udara dingin di dalamnya tidak keluar.

Selain itu, lemari es yang terisi penuh ternyata lebih baik daripada lemari es yang kosong. Suhu di dalam lemari es akan lebih stabil dan makanan akan tetap dingin jika ada semakin banyak yang disimpan di dalamnya.

Menghemat energi saat memasak

Keluarkan makanan beku dari lemari es kemudian cairkan terlebih dahulu untuk menghemat penggunaan gas. Jika Anda menggunakan panci untuk merebus, gunakan tutupnya untuk mengurangi waktu memasak.

Mencabut kabel

Pastikan semua lampu mati dan cabut juga kabel peralatan yang tidak Anda gunakan saat berada di luar rumah. Asal tau saja, charger ponsel yang tidak digunakan tetapi dicolokkan ke listrik juga dapat menguras energi.

Cahaya alami

Kurangi penggunaan lampu saat siang hari. Pada hari yang cerah, buka tirai dan jendela untuk membiarkan sinar matahari dan kehangatan masuk ke dalam rumah.

Membersihkan AC

Bersihkan filter AC secara teratur untuk menjaga sistem pendingin berjalan dengan efisien sekaligus menghemat listrik. Debu yang menempel pada filternya dapat mengganggu aliran udara. Gunakan lap basah untuk membersihkan filter AC.

Foto Pexels

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.