Sukses


Mengenal Warna Cat Kamar Tidur dan Dampak Psikologisnya

Mengingat fungsinya sebagai tempat beristirahat, tak heran jika Anda akan sangat memerhatikan kualitas furnitur dan desain kamar.

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur menjadi bagian terpenting di rumah. Mengingat fungsinya sebagai tempat beristirahat, tak heran jika Anda akan sangat memerhatikan kualitas furnitur dan desain kamar.

Tak jarang, kamar tidur pun didominasi dengan warna yang menjadi favorit Anda. Biasanya, warna ini Anda aplikasikan pada dinding dan beberapa ornamen di dalam kamar.

Dilansir dari Rumah.com, warna-warna berikut dapat menceritakan kebiasaan tidur dan kepribadian Anda.

Hijau

Kamar berwarna hijau akan memberikan nuansa natural, sehingga terasa segar dan bersemangat. Mereka yang menyukai warna hijau cenderung berjiwa positif.

Hijau juga memberikan efek menenangkan, sehingga menciptakan suasana tidur yang nyaman. Mereka yang terbangun di kamar bernuansa hijau akan merasa lebih sehat dan segar ketika bangun pagi.

Bahkan kabarnya warna hijau juga mampu menstimulasi otak anak agar semakin kreatif.

Biru

Warna ini menunjukkan kepribadian yang santai, tenang, dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Bahkan menurut Chris Idzikowski dari Edinburgh Sleep Centre, mereka yang mengecat dinding kamarnya dengan warna biru cenderung lebih nyenyak saat tidur, sehingga ada perasaan nyaman dan ceria saat bangun pagi.

Kuning

Meski jarang digunakan untuk kamar tidur, sebenarnya warna kuning dapat mengurangi penat dan memberikan efek termotivasi saat bangun pagi.

Penyuka warna kuning juga lebih ceria dan hobi bersosialisasi. Sayangnya, warna kuning kadang membuat seseorang ingin tetap beraktivitas meski sudah berada di dalam kamar, misalnya bermain game di gadget, sehingga mengganggu kualitas tidur.

Merah

Warna ini memang menampilkan sensualitas, tapi jika digunakan untuk mayoritas dinding di dalam kamar menimbulkan sikap gembira dan semangat yang berlebihan.

Anda pun menjadi sangat ambisius. Aplikasikan warna merah hanya pada karpet, atau salah satu sarung bantal. Terlalu banyak warna merah juga akan membuat Anda susah tidur karena merasa suasana di kamar tetap terang.

Cokelat

Sebaiknya pilih warna cokelat muda bukan cokelat tua. Pasalnya cokelat tua menimbulkan rasa santai yang berlebihan, sehingga Anda menjadi malas beranjak.

Sebaliknya, cokelat muda meningkatkan sisi romantis dan nyaman saat Anda berada di dalam kamar. Cokelat muda bisa menjadi pilihan untuk pengantin baru.

Putih

Sekilas putih mungkin dianggap menenangkan, padahal warna putih memberikan kesan monoton. Tak heran jika Anda pun sering membawa pekerjaan ke rumah dan mengerjakannya di dalam kamar karena menganggap tak ada perbedaan antara warna kamar dengan ruang kerja.

Ungu muda

Inilah warna yang cocok jika Anda ingin melakukan meditasi dan yoga sebelum tidur. Ungu melambangkan spiritualitas, sehingga memberikan efek menenangkan bagi pikiran Anda.

Usai bermeditasi, Anda pun akan tidur lebih nyenyak karena meditasi melancarkan peredaran darah Anda.

Foto: Pixabay

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini