Sukses


Langkah Demi Langkah Segarkan Aroma Lemari Dapur

Akibat letak kabinet atau lemari dapur yang berdekatan dengan kompor, aroma yang menempel di kabinet ini pun sangat beragam.

Liputan6.com, Jakarta Akibat letak kabinet atau lemari dapur yang berdekatan dengan kompor, aroma yang menempel di kabinet ini pun sangat beragam.

Sayangnya aroma yang ditinggalkan lebih sering adalah aroma tak sedap. Misalnya, aroma bekas gorengan, aroma gosong, bumbu dapur yang menyengat, hingga aroma lembap dari lemari itu sendiri karena terus-menerus terpapar suhu tinggi.

Tanpa disadari, aroma ini akan menempel pada barang yang Anda simpan di dalamnya, seperti gelas dan piring. Segera lakukan trik ini agar aromanya tak bertahan terus-menerus.

Bersihkan setiap 1-2 minggu

Hal ini juga berguna untuk memeriksa apakah ada bahan makanan yang kadaluarsa atau tidak. Membersihkannya bukan berarti Anda harus mencuci seluruh stoples dan alat makan yang ada di dalamnya—pasti malas, kan.

Melainkan, Anda cukup mengeluarkannya saja lalu dilap dengan kain bersih. Sementara isi kabinet Anda bersihkan sisi dalamnya dengan kain bersih lalu diamkan dalam keadaan terbuka selama 1-2 jam.

Gunakan bahan alami

Selanjutnya, tambahkan bahan-bahan alami di dalam kabinet dan biarkan hingga semalaman. Misalnya, tuangkan serbuk kopi atau teh ke dalam wadah terbuka lalu letakkan di dalam kabinet, dan tutup.

Kopi dan teh akan menyerap aroma tak sedap. Anda juga bisa menggunakan arang atau gel silika jika tak ada kopi.

Cek bagian dalamnya

Esok paginya, singkirkan kopi yang sudah Anda gunakan. Jika aroma tak sedapnya masih tercium, lakukan hal yang sama dan ulangi satu hari lagi.

Setelah itu, cek bagian dalam kabinet untuk memastikan tak ada jamur atau area lembap di dalamnya yang menyebabkan aroma kabinet menjadi apak. Bersihkan sudut-sudut kabinet dengan kain atau spons.

Gunakan pemutih

Bila aroma belum juga hilang, dan terdapat lumut atau jamur di dalam lemari, saatnya Anda menggunakan pemutih pakaian.

Campurkan satu tutup botol pemutih ukuran kecil ke dalam air satu ember kecil. Lalu celupkan lap bersih ke dalamnya dan gunakan lap kain tersebut untuk membersihkan bagian dalam lemari.

Pemutih juga akan membunuh jamur dan bakteri yang ada di dalam lemari. Namun sebelumnya, amankan dulu bahan-bahan makanan dan peralatan masak dan alat-alat makan di dalamnya.

Tambahkan gel silika

Biarkan lemari mengering bagian dalamnya, atau keringkan dengan handuk atau lap kain bersih yang kering.

Masukkan kembali peralatan makan Anda, namun tambahkan gel silika untuk menyerap aroma lembap yang muncul nantinya.

Biasakan untuk menyimpan bumbu dapur di dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam kabinet.

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini