Sukses


Cara Tepat Atasi Lantai Berminyak di Dapur

Dibandingkan lantai lainnya di rumah Anda, boleh dibilang lantai dapur adalah lantai yang paling licin dan berlemak.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan lantai lainnya di rumah Anda, boleh dibilang lantai dapur adalah lantai yang paling licin dan berlemak.

Cara masak kebanyakan masakan Indonesia, kalau tidak direbus, ya digoreng. Masih jarang yang menggunakan oven atau microwave. Lezat, memang, tetapi efek sampingnya adalah ruangan yang menjadi berminyak, terutama lantai.

Rasa licin akibat minyak ini biasanya membandel. Hanya dengan mengepel saja tidak cukup. Selain menimbulkan rasa ‘jijik’ di kaki karena licin, minyak membuat lantai menjadi kusam, dan lebih parah lagi, mengundang hama seperti kecoa.

Agar lantai kembali mengilap, begini caranya, seperti dikutip dari Rumah.com.

Serap minyaknya

Tisu memang bisa menyerap minyak. Namun, Anda malah akan semakin boros jika mengelap lantai berminyak dengan tisu.

Ganti tisu dengan kertas koran, lap seluruh bagian lantai yang berminyak dengan koran hingga sebagian minyaknya berpindah ke kertas koran.

Taburkan garam

Betul, taburkan garam atau tepung terigu ke atas lantai yang licin. Tepung dan garam akan menyerap minyak yang masih tersisa.

Lalu bersihkan sisa tepung dan garam dengan kertas koran yang bersih—bukan yang Anda gunakan sebelumnya.

Gunakan cairan pencuci piring

Sabun cuci piring cenderung dapat membersihkan minyak atau lemak di permukaan yang licin, seperti lantai.

Campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dengan air hangat, lalu usapkan pada lantai yang licin dengan spons lembut.

Bilas dengan kain basah yang dicelupkan pada air hangat. Air hangat akan mengangkat minyak terutama yang berada di belahan lantai.

Pel seperti biasa

Setelahnya, barulah Anda mengepel lantai dengan cairan pel seperti biasa. Diamkan lantai hingga kering, lalu sapu kembali untuk menghindari adanya sisa makanan atau remah-remah yang masih berada di lantai.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan cairan pel yang memiliki aroma pinus atau cemara, sehingga membuat suasana dapur menjadi lebih segar dan tak lagi berbau amis.

 

Foto: Pixabay

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini