Sukses


5 Bahan Makanan Sumber Bau dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa bahan makanan yang meninggalkan aroma tak sedap di peralatan memasak dan alat makan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pada rumah berukuran kecil, dapur kerap berada di belakang rumah dan tanpa ventilasi. Akibatnya setiap kali memasak, aroma bahan makanan menguap dari dapur bahkan menempel di beberapa alat masak.

Jika aroma yang menempel adalah aroma makanan yang sedap, sih, tentunya Anda tak keberatan. Tapi, ada beberapa bahan makanan yang meninggalkan aroma tak sedap di peralatan memasak dan alat makan Anda.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut ini adalah lima bahan pangan yang baunya menempel di peralatan dapur Anda.

Bawang

Bawang putih, bawang merah ataupun bawang bombai, semuanya meninggalkan aroma di peralatan memasak Anda, seperti talenan, pisau, serta wajan untuk menumis atau menggoreng bawang tersebut. Bahkan, tak jarang aroma bawang juga berpindah ke pakaian, tangan, dan dinding dapur.

Atasi dengan:

Cuci seluruh peralatan memasak dengan ditambahkan perasan air jeruk nipis dahulu sebelumnya. Lalu, gosokkan serbuk kopi ke tangan Anda lalu cuci tangan kembali dengan sabun dan bilas dengan air bersih.

Untuk menghilangkan aroma bawang di ruangan, rebus kulit jeruk ke dalam air yang didihkan. Diamkan hingga uapnya keluar dan biarkan hingga airnya menjadi setengah dari sebelumnya.

Telur, daging, dan ikan

Jujur saja, bawang sepertinya tak ada apa-apanya dibandingkan ketiga bahan makanan ini. Ketiganya meninggalkan aroma amis yang tak sedap—meski bahan makanan sudah diolah menjadi makanan matang.

Untuk itu jangan pernah menyatukan peralatan memasak daging dengan peralatan masak lainnya, dan rendamlah ikan atau daging di dalam air yang ditambah perasan jeruk nipis untuk mengurangi aroma amisnya.

Atasi dengan:

Sebelum membersihkan seluruh bahan dengan sabun, bilas dahulu seluruh alat masak dengan air hangat yang dicampur baking soda dan kopi.

Lalu, campurkan sabun cuci piring dengan perasan jeruk nipis dan tambahkan daun kemangi, barulah Anda cuci peralatan memasak dengan campuran bahan itu.

Bilas kembali panci dan wajan dengan air hangat. Agar ruangan dapur tak ikutan beraroma amis, bakarlah kayu manis atau vanila batang di atas wajan tanpa minyak.

Terasi

Terasi memang enak dijadikan penambah rasa dalam makanan. Sayangnya peralatan makan Anda menjadi berbau tajam. Pisahkan pisau, peralatan memasak yang digunakan untuk memasak terasi dengan peralatan lainnnya.

Atasi dengan:

Aroma terasi dapat dikalahkan dengan cuka. Caranya, didihkan air yang dicampur dengan cuka lalu rendam peralatan makan yang dipakai untuk mengolah terasi.

Rebus jahe—yang sudah digerus atau dikeprek—yang dicampur dengan teh hijau di dalam air mendidih, dan biarkan panci dalam keadaan terbuka agar aromanya menyerap aroma terasi yang tak sedap.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini